PENGARUH STRATEGI PRE-WRITE, ORGANIZE, WRITE, EDIT, REVISE DAN SHARE (POWERS) DALAM KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDIT BAITURRACHMAN

Asih Rosnaningsih, Prismawinda Ane, Alifa HAJ

Abstract


Abstrak

Kemampuan menulis adalah keterampilan menuangkan pikiran, pendapat, gagasan, dan juga perasaan dalam bentuk tulisan sehingga orang yang membaca dapat memahami isi dan pesan dapat tersampaikan dengan baik. Kemampuan menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dikuasi siswa dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi POWERS terhadap kemampuan siswa dalam menulis Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi-Experimental design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis dalam bentuk essay. Hasil menunjukkan bahwa: (1) hasil pretest t-hitung 1,723 < t-tabel 2,001atau H0 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) hasil posttest thitung 2,622 > t-tabel 2,001 atau H1 diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan menulis diantara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan strategi POWERS. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi POWERS dapat mempengaruhi kemampuan siswa menulis essay dalam Bahasa Inggris. Kata Kunci: Startegi POWERS, Kemampuan Menulis, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

The ability to write is a skill to express thoughts, opinions, ideas, and feelings in writing so that people who read can understand the contents and messages can be conveyed properly. Writing ability is a language skill that students must master well. The purpose of this study was to determine the effect of using the POWERS strategy on students' ability to write English. This research uses a quantitative approach with a Quasi-Experimental design method. The instrument used in this study was an essay writing ability test. The results show that: (1) pretest results of t-test 1.723 t-table of 2,001 or H1 are accepted that is, there are differences in writing skills between the control class and the experimental class after using the POWERS strategy. Based on these results, it can be concluded that the POWERS strategy can affect students' ability to write essays in English. Keywords: POWERS Strategy, Writing Ability, English Learning


Full Text:

PDF

References


Cohen, L. (2007). Research Methods in Education. In Research Methods in Education.

https://doi.org/10.4324/9780203029053

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method

Approaches Creswell 4th Edition (4th ed.). Sage Publication.

Ratminingsih, N. M. (2019). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. In Raja

Grafindo. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Samsudin, A. (IKIP Si. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita Dan

Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Terpadu Membaca Dan Menulis. Penelitian Pendidikan UPI, 13(2), 1–11.

Sobari, T. (2012). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen

pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik, 1(1), 17–38.

https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Yuliana, W. (2015). Teaching Writing by Combining POWER (Plan, Organize, Write, Edit,

Revise) and T-Chart Strategy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa SKTIP PGRI Sumatera Barat,

(2), 39–55. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2933

Article Metrics

Abstract - 417 PDF - 540

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2933.g1797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats