ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SDN SUDIMARA 11 CILEDUG

Iin Wulandari, Septy Nurfadhillah

Abstract


Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran akan menjadi hidup tergantung bagaimana guru mengelola kelas dengan baik. Seperti halnya guru kelas V di SDN Sudimara 11 Ciledug mengelola kelas dengan baik pada pembelajaran tematik. Pengelolaan kelas sangat dibutuhkan guna mengoptimalkan pembelajaran. Oleh karenanya guru harus nemiliki keterampilan mengelola kelas diantaranya keterampilan guru dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan keterampilan guru dalam mengendalikan pembelajaran agar kembali kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research) dan penelitian ini digolongkan kedalam studi kasus deskriptif kualitatif. Untuk keperluan pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti mengguanakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik kelas V di SDN Sudimara 11 dengan cara sebagai berikut: (1) Mengedepankan tiga aspek. Pertama, penguatan pendidikan karakter (PPK) pada kegiatan belajar mengajar seperti dalam diskusi jadi siswa disuruh untuk maju membacakan hasil diskusi. Diskusi tersebut dapat membantu membentuk karakter siswa agar lebih percaya diri, disiplin, dan aktif. Kedua, literasi. Pada setiap awal pertemuan siswa disuruh membaca materi atau cerita yang  berkaitan dengan tema. Ketiga, keterampilan abad 21 atau disebut juga dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) yakni guru terkadang mengajak siswanya untuk belajar diluar kelas agar siswa tidak mudah bosan. (2) Menggunakan metode diskusi. Metode diskusi sering kali digunakan karena untuk melatih kepercayaan diri siswa, melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapatnya, melatih siswa untuk berani berbicara didepan kelas, melatih siswa untuk bekerja sama dan lain-lain.

Kata Kunci : Keterampilan Guru, Pengelolaan, Kelas, Pembelajaran, Tematik


Full Text:

PDF

References


Djamarah, B. S., & Zain, A. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan .

Erwin, W. (2018, november selas). Pengelolaan Kelas. Cerdas Pengelolaan Kelas, hal. 1.

Mawardi. (2019). Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Moleong. (2016). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nuraeni, Y. (2018). Pembelajaran Tematik. Bogor: Cahaya Pelajar.

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interprtama Mandiri.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wijaya, C. (2017, Agustus Kamis). Pengelolaan Kelas. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, hal. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3874

Article Metrics

Abstract - 3414 PDF - 2409

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3874.g2095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats