PERAN PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS V SDN KOSAMBI I KABUPATEN TANGERANG

Hanif Rismillatus Syaidah, Eka Yulyawan Kurniawan

Abstract


Pembelajaran seni tari perlu diajarkan pada tingkat sekolah dasar karena mempunyai manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa, salah satunya berperan untuk mengasah kemampuan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran pembelajaran seni tari dalam pengembangan kemampuan motorik siswa kelas V; (2) mengetahui kemampuan motorik siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru seni tari dan siswa kelas V. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru seni tari dan siswa kelas VA. Data sekunder diperoleh dari arsip resmi SD Negeri Kosambi 1 Kabupaten Tangerang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, proses kemampuan motorik siswa (tes perfomance), dan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa dapat dikembangkan dengan menari. Setiap tahap dalam pembelajaran seni tari memberikan andil yang berbeda- beda dalam perkembangan motorik.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3894

Article Metrics

Abstract - 963 PDF - 4181

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3894.g2098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats