ANALISIS KESESUAIAN KAIDAH BERBAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS V SDN KALIBATA 11 PAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan menungkap kesalahan berbahasa (kesalahan penggunaan ejaan, susunan kalimat, penggunaan paragraf, penggunaan tema/judul) siswa kelas V SDN Kalibata 11 pagi Jakarta Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data kesalahan berbahasa siswa dan melakukan analisis kesalahan berbahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan tes (uraian). Hasil analisis data kesesuiaan kaidah berbahasa dalam karangan siswa kelas V SDN Kalibata 11 pagi ditemukan Analisis kaidah berbahasa bidang ejaan; persentase paling tinggi persentase kesalahan tanda baca 42,1%, Analisis kaidah berbahasa bidang kalimat; persentase paling tinggi persentase kalimat mengandung pleonasme (mubazir) 33,3%,. Analisis kaidah berbahasa bidang paragraf; persentase paling tinggi kesalahan penulisan di awal kalimat pada paragraf 62,5. Analisis kaidah berbahasa bidang tema/judul; persentase paling tinggi kesalahan penggunaan kalimat tidak logis 42,5%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.4923
Article Metrics
Abstract - 429 PDF - 897DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.4923.g2887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats