ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR ASPEK MENGADAKAN VARIASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PRESTASI GLOBAL

Yulida Choirunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, respon siswa terhadap guru, dan kendala yang dialami guru dalam melaksanakan variasi pembelajaran tematik kelas IV Dahlia SD Prestasi Global. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah pengalaman sekaligus kemampuan bagi seorang pendidik, serta sebagai bahan masukan untuk kegiatan-kegiatan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan keterampilan mengajar aspek mengadakan variasi pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menghasilkan data berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data keterampilan mengajar aspek mengadakan variasi dalam pembelajaran tematik di kelas ditemukan bahwa keterampilan mengajar guru di kelas tersebut sudah cukup baik dalam mengadakan variasi saat proses pembelajaran, terlihat respon dari beberapa siswa saat pembelajaran berlangsung juga sudah menunjukkan adanya keaktifan, dan adapun kendala yang dialami guru yaitu terkait karakter siswa, pemahaman materi, kurang disiplin siswa dan siswa tidak tenang saat pembelajaran.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5090

Article Metrics

Abstract - 535 PDF - 349

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5090.g2889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats