PENGEMBANGAN DESAIN POJOK BACA DI SDN 060925 MEDAN AMPLAS

Nurlatifah - Nurlatifah, Hidayat Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pojok baca di SD Negeri 060925 Medan Amplas. Masalah dalam penelitian ini antara lain adalah kurangnya minat baca siswa, banyak siswa yang tidak suka membaca, padahal di kelas tingkat tinggi seperti itu menuntut siswa harus lebih banyak membaca karena siswa pada umumnya sudah harus memahami soal cerita. Kurangnya alternatif dan media yang digunakan pada saat proses belajar mengajar. Banyak guru hanya menyuruh anak membaca saja tanpa memberi arahan untuk membuat mereka termotivasi dalam membaca. Pembelajaran selama ini masih berpusat pada guru sehingga banyak siswa yang bosan dalam belajar. Siswa lebih senang bermain daripada membaca buku, sehingga pemahaman siswa terhadap pembeajaran juga tergolong rendah. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pojok baca untuk siswa  SD dilakukan dengan mengadopsi prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Prosedur pengembangan ini disesuaikan dengan pedoman pengembangan bahan ajar sehingga pada setiap tahapan terdiri atas beberapa proses. Proses pada tahap analisis meliputi: a) analisis kebutuhan siswa dan b) analisis kurikulum. Proses pada tahap desain meliputi: a) penyusunan peta kebutuhan pojok baca; b) penetapan struktur desain pojok baca; c) pembuatan instrumen penelitian; dan d) validasi instrumen penelitian. Kualitas pojok yang dikembangkan berdasarkan perencanaan pembuatan pojok baca, keindahan, kesesuaian, dan pelaksanaan pojok baca menunjukkan kriteria baik

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Abror. 2018. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana

Devega, Evita. 2017. Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca tapi Cerewet di Medsos. Laman: (https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/) diakses pada 2 Februari 2021

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Fauziyah, Risqi, Ika, dkk. 2010. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa PGSD UPP Tegal Untuk Membaca Buku di Perpustakaan PGSD UPP Tegal. Laporan Penelitian Institusional Universitas Negeri Semarang

Hernowo, 2010. Mengingat Makna: Kiat-kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Penerbit Kaifa

KBBI. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Available at : http://kbbi.web.id/pusat diakses pada 23 Januari 2021.

Mikarsa, Hera Lestari, dkk. 2009. Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Muhibbinsyah. 2019. PSikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Puji, Santosa. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratnasari, Yunita. 2017. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Bojongsari I Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta: FIP

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winkel. 2015. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5431

Article Metrics

Abstract - 600 PDF - 1182

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5431.g2891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats