PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS III SDIT AT-TAQWA GARUDA KABUPATEN TANGERANG

Zahra Khoerunisa, Septy Nurfadhillah, Sa’odah Sa’odah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 siswa kelas III SDIT At-Taqwa Garuda Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi pembelajaran daring yang dijalani siswa, wawancara dengan guru kelas III dan orang tua siswa serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai; 1) guru di rumah dengan membimbing siswa dalam belajar, 2) fasilitator dengan memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk proses pembelajaran daring, 3) motivator dengan memberikan dorongan serta semangat belajar kepada siswa dan 4) pengaruh yang mengawasi dan mengingatkan siswa untuk terus disiplin dalam belajar dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Dengan begitu peran orang tua dalam pembelajaran daring ini sangat penting agar proses pembelajaran daring yang dilakukan berjalan dengan tertib dan kondusif.


Full Text:

PDF

References


Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online. Tangerang : Universitas Terbuka.

Haerudin, dkk. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 4. Diakses 28 April 2021 dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 552. Diakses 28 April 2021 dari Universitas Pahlawan.

Maimunawati, Siti dan Muhammad Alif. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran : Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang : 3M Media Karya.

Mawardi. (2019). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Samudra Biru.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.

Nopitasari, Lidya Kandau dan Dina Indriana. (2020). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mendidik Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Serang : Media Madani.

Sari, Sahira Kartika dan Habibi. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Tingkat SD/MI. Serang : Media Madani.

Satori, D dan Aan Komariah. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5554

Article Metrics

Abstract - 396 PDF - 199

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5554.g2895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats