PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TEMA 5 DI KELAS IV SDN TEBET TIMUR 07 PAGI JAKARTA.

Feronika Girsang, Robiatul Munajah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, pola interaksi dan dampak pembelajaran daring dari orang tua, guru dan siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer data dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi / penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapaan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh orang tua peran orang tua dan guru berperan penting dalam pembelajaran daring dalam membimbing, memberikan arahan atau nasehat, menyediakan fasilitas belajar (seperti menyediakan wifi atau kouta, HP (handphone), menyediakan sandang dan pangan pada proses pembelajaran daring, sedangkan upaya yang dilakukan guru, orang tua dan siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran daring berdampak terhadap pola interaksi dan nilai antara orang tua, guru dan siswa yang membuat hubungan menjadi sangat akrab dan hebat karena nilai seorang siswa tergantung peran dan kepekaan dari orang tua, namun disini guru hanya memfasilitasi proses pembelajaran daring yang dilakukan melalui internet (tidak secara langsung) serta guru juga tidak bisa melihat secara langsung proses terjadinya pembelajaran yang dilakukan dirumah (pembelajaran daring).

 

Kata Kunci: proses penerapan pelaksanaan pembelajaran daring, upaya yang dilakukan guru, orang tua dan siswa.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N. (2015). Problematika Pendidikan Di Indonesia. lampung: Dosen Prodi PGMI STAIN Jurai Siwo Metro.

Chamaeng, M. B. (2017). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PAI. pengertian problematika, 3.

Evy, k. m. (2020, 10 jumat). kemendikbud. Retrieved from kementrian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia: http://www.dikti.go.id/

Feronika. (2022). ABSTRAK DAN ABSTRACK. jakarta: skripsi.

Firman, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 . pembelajaran daring, 84.

G, E. (2021). Dampak Penerapan Pembelajaran ONLINE (DARING) bagi mahasiswa. Skripsi, 51-80.

Makarim, N. A. (2020, januari sabtu). Lembaga penjaminan mutu pendidikan dan kebudayaan. Retrieved from Surat Edaran Tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat penyebaran corona virus disease: https://lpmpbali.kemdikbud.go.id/2020/03/27/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-19/

Marhiyato, B. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. jakarta.

Moleong. (2016). penelitian kualitatif. Diambil kembali dari desain penelitian kualitatif: http://repository.unwira.ac.id/970/4/BAB%20III.pdf

Oktafia Ika Handarini, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Retrieved from pengertian pembelajaran daring: file:///C:/Users/acer/Downloads/8503-27609-1-PB.pdf

Rahmawati, a. :. (2016). Tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPS kelas v sdn dikecamatan mejobo kabupaten kudus. tingkat kecerdasan sosial siswa dalam pembelajaran IPS, 1.

Rofa'ah. (2016). ciri-ciri model pembelajaran. bab II kajian pustaka, 10.

Rosihuddin, m. (2011). problematika pembelajaran. kediri: Mahasiswa Pasca Sarjana STAIN.

sugiono. (2016). tehnik pengumpulan data. teknik triangulasi, 309.

Susiana. (2017, agustus 03). Problematika Pembelajaran PAI di SMK 1 Turen Riau Jurnal Al-Thariqah. Retrieved from pengertian problematika: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=499204&val=10228&title=Problematika%20Pembelajaran%20PAI%20di%20SMKN%201%20Turen

Syafni Ermayulis, S. M. (2020, AGUSTUS 23). STIT AL-KIFAYAH RIAU. Retrieved from pengertian,ciri-ciri,serta perbedaan pembelajarang daring dan luring: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Syafni, e. (2020, agustus 23). PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Retrieved from pengertian pembelajaran daring: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Tosepu. (2020, juli kamis). Kaitan Antara Peradaban Dan Pendidikan. Retrieved from makna peradaban dan pendidikan: https://yusrintosepu.wixsite.com/publication/post/peradaban-dan-pen




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.7594

Article Metrics

Abstract - 130 PDF - 116

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.7594.g3788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats