Application of Mentimeter Interactive Presentation Media in Arabic Language Learning to Increase Student Learning Motivation

Wildan Rinanda Komara, Dedih Wahyudin, Odang Odang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media presentasi interaktif "Mentimeter" untuk siswa kelas delapan di MTs Ar-Rasyidiyah, Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini mencakup data kualitatif yang dianalisis secara logis dan data kuantitatif yang dianalisis secara statistik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa kelas delapan di Sekolah Menengah Islam Ar-Rasyidiyah, Bandung sebelum menggunakan metode interaktif "Mentimeter" terbilang rendah berada pada rata-rata 64. (2) Motivasi belajar siswa kelas delapan di Sekolah Menengah Islam Ar-Rasyidiyah, Bandung setelah menggunakan metode interaktif "Mentimeter" mencukupi dan berada pada rata-rata 76,1. (3) Hasil perhitungan t hitung (6,94) > t tabel (2,04) menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak pada tingkat signifikansi 5%. Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media presentasi interaktif "Mentimeter" mencapai 33%, yang menunjukkan tingkat efektivitas sedang yakni (0,31 < g ≥ 0,70) menurut standar.

Keywords


Media Pembelajaran, Mentimeter, Motivasi Belajar, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Albantani, A. M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Madratsah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 147–160.

Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi Quiz Interaktif dengan Software Mentimeter dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 287–294. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36923%0D

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada Rineka Cipta.

Doe, J. (2023, Maret). Application of Mentimeter Interactive Presentation Media in Arabic Language Learning to Increase Student Learning Motivation. Dalam S. Smith (Ed.), Proceedings of the International Conference on Educational Innovation (hlm. 123-130). Conference Press.

Fathoni. (2021). PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH : Inovasi atau Tantangan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(September), 257–268. https://doi.org/10.36835/modeling.v8i2.1066

Gemilang, D. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language / Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 1(1), 49–64.

Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Haq, S. (2023). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL : PROBLEMATIKA DAN SOLUSI. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(No. 1), 211–222.

Hasyati, Z. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Daring. JURNAL BASICEDU, 5(4), 2550–2562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1246

Muhammad, A., Ridho, A., Purnama, A. D., & Hamonangan, H. S. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Sarana Memahami Agama Islam pada Ruang Lingkup Pendidikan Tinggi Islam. ICONITIES (International Conference on Islamic Civilization and Humanities), 590–601.

Muhammad Fahmi Nasution, N. A. (2022). The Effect of Mentimeter Learning Media on Students ’ Learning Outcomes in Biology Learning. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(2), 293–301. https://doi.org/10.36987/jpbn.v8i2.2791

Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). KAJIAN TEORITIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (KONASBARA), 303–319.

Rivai, N. S. & A. (2011). Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya). Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi, A. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Tetep, T., Suherman, A., Dimyati, E., Hermansyah, H., Melati, P., & Darojat, A. (2020). The Use of Mentimeter applications in online learning during the Covid-19 pandemic at the MGMP PPKn Garut Regency. Pekemas: Journal of Community Service, 3(2), 51–56.

Umar Manshur, H. R. (2021). EFEKTIFITAS MEDIA MENTIMETER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB ERA PANDEMI COVID-19 DI MI AL-HUDA PENGASTULAN SERIRIT BALI. Hijai : Journal on Arabic Language and Literature, 04. https://doi.org/10.15575/hijai.v4i2.15732

Yuli Fitrisia, Mardhiah Fadhli, Dini Nurmalasari, W. N., & ESGS, S. P. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT AJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN MENTIMETER. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 5(3), 82–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v3i2.11748

Article Metrics

Abstract - 296 PDF - 117

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v3i2.11748.g5447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.