MAHARAH LUGHAWIYAH DALAM KOMPONEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Fikri Alhamdi, Rezkya Afril

Abstract


Tujuan pembelajaran bahasa Arab bagi siswa adalah agar dapat menggunakan bahasa Arab bahasa baik secara lisan maupun tekstual. Mahir berbahasa (maharah lughawiyah) Yang dijadikan ukuran kemampuan siswa dalam berbahasa itulah yang dieksplorasi guru dalam mengajar bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kemahiran bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat bahasa tersebut Kemahiran optimal sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa dan untuk mengoptimalkan maharah istima’ serta memberikan rangsangan siswa untuk mengoptimalkan maharah kalam, qira’ah, dan kitabah.Kata Kunci: Bahasa Arab, Keterampilan Berbahasa, Maharah Lughawiyah 

Keywords


Bahasa dan linguistik arab

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v4i1.13003

Article Metrics

Abstract - 1722 PDF - 1466

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v4i1.13003.g5911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.