The Effect of Visual Learning Style on Learning Outcomes in Arabic Subjects
Abstract
Learning style is a way to absorb, organize, understand and respond to information or teaching materials. There are three kinds of learning styles proposed by Bobbi De Porter and Mike Hernacki, namely: Visual Learning Styles, Audio Learning Styles and Kinesthetic Learning Styles. This visual learning style relies on learning activities on the subject matter he sees. In this visual learning style which plays an important role in the way of learning is vision. The purpose of this study was to describe the effect of visual learning styles on learning outcomes in Arabic subjects in Man City, Palangka Raya. This study uses a quantitative approach and the method used is descriptive. Data collection techniques in this research are questionnaires, documentation and interviews. Data analysis in this study analysis SPSS. The results of this study indicate that there is an influence of visual learning style on learning outcomes with the acquisition of a significant score of 0.00 < 0.05 in Arabic subjects in Man City, Palangka Raya.
Gaya belajar merupakan cara untuk menyerap, mengatur, memahami dan merespon informasi atau bahan ajar. Ada tiga macam gaya belajar yang dikemukakan oleh Bobbi De Porter dan Mike Hernacki yaitu: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Audio dan Gaya Belajar Kinestetik. Gaya belajar visual ini mengandalkan aktivitas belajarnya kepada materi pelajaran yang dilihatnya. Pada gaya belajar visual ini yang memegang peranan penting dalam cara belajarnya adalah penglihatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab di Man Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitin adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar dengan perolehan nilai signifikan 0,00 < 0,05 pada mata pelajaran bahasa Arab di Man Kota Palangka Raya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anas, A., & Munir, N. P. (2016). Pengaruh gaya belajar VAK terhadap hasil belajar matematika siswa. Prosiding, 2(1).
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25–34.
Halim, A. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa, 9(2), 141–158.
Hartati, L. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).
Indarto, D. (2012). Pengaruh gaya belajar dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar praktik instalasi listrik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.
Iriani, D., & Leni, M. (2013). Identifikasi gaya belajar dan pengaruhnya terhadap hasi belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 2 Kerinci. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).
Kadir, F., Permana, I., & Qalby, N. (2020). Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar fisika SMA PGRI Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1), 1–5.
Khoiriyah, R. L. (2012). Pengaruh metode eklektik terhadap hasil belajar keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X Ma Manahijul Huda Ngagel Dukuhseti Pati. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 1(1).
Kurniati, M. (2018). Penerapan model pembelajaran visual auditori kinestetik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 107 seluma [PhD Thesis]. IAIN Bengkulu.
Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mobile Learning Dan Gaya Belajar Visual Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194–207.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Norhidayah, N. (2020). تأثير أساليب التعلم على نتائج تعلم التلاميذ لدروس اللغة العربية فى المدرسة الثانوية الحكومية بالنكارايا, كاليمانتان الوسطى [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63.
Rahman, A. A., & Yanti, S. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu di kelas VII SMP negeri 1 peudada. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(2).
Rayesh, E. E. P. (2016). Hubungan gaya belajar dengan Multiple Intelligences siswa berprestasi kelas IV dan V SD/MI di Kota Malang [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20.
Rosmansyah, Y., & Wicaksana, R. R. A. (2018). Perancangan Aplikasi Multimedia Dengan Menggunakan Hidden Markov Model Untuk Menentukan Gaya Belajar. Bandung Institute of Technology.
Sari, A. K. (2014). Analisis karakteristik gaya belajar vak (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan informatika angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 1(1).
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.
Supini, S. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah An-Najah Desa Petalongan Kecamatan Keritang [PhD Thesis]. STAI Auliaurrasyididn Tembilahan.
Utami, P. S., & Gafur, A. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 97–103.
Widyawati, S. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika (IAIM NU) Metro. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107–114.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.6581
Article Metrics
Abstract - 461 PDF - 464DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i1.6581.g3867
Refbacks
- There are currently no refbacks.