Innovation in Teaching Arabic Speaking Skills in a Constructivism Theory Review at Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri Kediri West Lombok

Baiq Laili Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berangkat dari keingintahuan peneliti terhadap inovasi pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat sehingga tercipta lingkungan berbahasa arab yang aktif dan komunikatif, tidak hanya di dalam kelas namun juga dalam lingkungan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Inovasi pengajaran keterampilan berbicara bahasa Arab dalam tinjauan teori kontruktivisme di Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri Kediri Lombok Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Untuk menganalisis data yang sudah didapatkan, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam upaya menginovasi pembelajaran keterampilan berbicara, terdapat tiga kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah mufradat, muhadatsah, dan muhadharah. Melihat dari proses penerapannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa proses pembelajaran tersebut sejalan dengan prinsip yang dianut oleh teori konstruktivisme yaitu prinsip student center. Siswa tidak hanya dijadikan sebagai objek pendidikan saja, namun juga dijadikan sebagai subjek pendidikan dimana siswa aktif dalam membangun pengetahuan mereka secara mandiri, namun tentunya semua kegiatan tersebut tidak terlepas dari pengawasan guru sebagai fasilitator dan evaluator.

Kata kunci: inovasi, keterampilan berbicara, Bahasa Arab, Konstruktivisme

Keywords

This research departs from the curiosity of researchers towards innovations in learning Arabic speaking skills at the Nurul Hakim Islamic Boarding School, Kediri, West Lombok, to create an active and communicative Arabic-speaking environment, not only in the classroom but also in the daily environment. Therefore, the purpose of this study is to describe the innovation of teaching Arabic speaking skills in a review of constructivism theory at Nurul Hakim PPKh-KMMI Putri Kediri, West Lombok. The research approach used is qualitative with descriptive type. To analyze the data that has been obtained, the researcher uses the Miles and Huberman model which consists of three stages, namely data condensation, data presentation, and conclusion. The results showed that to innovate learning speaking skills, there were three activities carried out including mufradat, Muhadatsah, and muhadharah. Looking at the implementation process, the researcher can conclude that the learning process is in line with the principles adopted by constructivism theory, namely the student center principle. Students are not only used as objects of education, but also as subjects of education where students are active in building their knowledge independently, but of course, all these activities cannot be separated from the supervision of the teacher as a facilitator and evaluator.

 

Keywords: innovation, speaking skill, Arabic, Constructivism


Full Text:

PDF

References


Al-Ghozali, M. D. H., & Rofiq, A. A. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME DI MADRASAH ALIYAH NASY’ATUL MUTA’ALLIMIN. 4(2), 6.

Azizah, S. F., Sholihah, R. A., & Wijayanti, L. M. (2021). RELASI HAFALAN AL-MUFRADĀT ATAS KETERAMPILAN BERBICARA (STUDI ANALISIS PENGUASAAN MUFRADĀT DAN KETERAMPILAN BERBICARA ARAB SANTRIWATI KMI PONDOK MODERN ARRISALAH PONOROGO). 2(2), 13.

Darisy Syafaah. (2019). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab pada Prodi Bahasa dan Sastra Arab IAIN Tulungagung dalam Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0. Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V Malang, 5 Oktober 2019, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Fatah, A. (2016). ديرجت ةهج نم ةيبرعلا ةغللا ميلعت يف »inovasi»ريوطت ةفرعم ثحبلا اذهل ضرغلا. 8(1), 28.

Hakim, A., Rusandi, H., & Hakim, M. N. (n.d.). INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. 22.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

HIdayatullah, M. S. (2017). Cakrawala Linguistik Arab. PT Grasindo.

Mutiasih, P., Dwinta, N., Renaldi, T., Iswara, P. D., & Nugraha, T. (n.d.). PENERAPAN MODEL SHOW AND TELL DENGAN MEDIA BUPAKA (BUKU PANGGUNG BONEKA) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. 8.

Muttaqien, F. (2017). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VOCABULARY SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X. 8, 17.

Nurmasyithah Syamaun. (2016). Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, Vol.4 No.2(LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya Vol.4 No.2).

Putri Ida Rofika. (2019). Ansyithah Al-Khithabah Al-Arabiyah Li Ta’lim Maharah Al-Kalam,. Asalibuna, 3, no. 1(Asalibuna 3, 1 (2019)), 57–64. https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1223

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151

STAIN Watampone, & Nur, H. (2017). PENERAPAN METODE MUHADATSAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM PESERTA DIDIK. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(2), 177–187. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4

suparlan. (2019). TEORI KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN. Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, Volume 1, Nomor 2, Juli, 79–88.

Yusantika, F. D., & Suyitno, I. (n.d.). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i2.7211

Article Metrics

Abstract - 222 PDF - 165

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v2i2.7211.g4371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.