Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Kemandirian Anak Dalam Perspektif Al-Qur'an

Moh. Aman

Abstract


Penelitian ini adalah penelitaian kepustakaan (library research) dan bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini menemukan, bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh besar terhadap kemandirian anak, baik kemandirian dalam lingkungan keluarga maupun di luar lingkungan keluarga. Wajar sekali jika al-Qur’an memberikan ketegasan terkait kewajiban orang tua dalam hal pola asuh. Pola asuh orang tua yang dimaksud adalah pola asuh yang benar-benar berkualitas, sehingga kemandirian seorang anak dapat diukur dari pola asuh yang diterapkan oleh kedua orang tuanya. Oleh karena itu, amat wajar jika terdapat berbagai model pola asuh dalam al-Qur’an, sebagaimana pola asuh yang diimplementasikan oleh Nabi Ibrahim AS dalam QS. al-Baqarah/2: 127, 129 dan 132, QS. Ibrahi>m/14: 37 dan 40, QS. Ash-Sha>ffa>t/37: 102-103, dan Luqman AS dalam QS. Luqma>n/31: 13-19. Berbagai model pola asuh yang dimaksud adalah Shan’u as-Sala>m (Peace Making Parent), Tasyji>’ (Encouraging Parent), Tsa>bitah (Concistent Parent), Manthiqi> (Reasonable Parent), Ri’a>yah (Caring Parent), Mautsu>q (Authoritative Parent), Istirkha>’ (Relaxed Parent), Mas’u>l (Responsible Parent).


Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Anak, al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


Ali, M., & M. Asrori, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Anna, Lusia Kus https://lifestyle.kompas.com/r ad/2018/01/10/121158920/kes lahan pola-asuh-yang-sering dilakukan-orangtua-zaman now. Diakses 23 November 2021.

Danandjaja, J., Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia, 2014.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1970.

_______, Perawatan Jiwa Anak. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Gordon, Parent Effective Traing: The Proven Program for Raising Responsible Children. New York: Random House Inc., 2000

Gunarsa, Singgih D dan Yulia Singgih D Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia, 2008,.

Hamka, Buya, Tafsir al-Azhar Buya Hamka. Ahadi Kurniawan, 1982.

James, M., It’s Never Too Late to Be Happy. Massachusetts: Addison Wesley Publishing Company, Inc., 2002.

Katsir, Abu al-Fida Ismail Ibnu Umar Ibnu, Tafsi>r al-Qur’an al ‘Adzi>m, Kairo: Da>r Thayyibah li an-Nasyr wa at tauzi>’, Jilid 1, 1999.

Komaruddin. “Kontribusi Pola Asuh terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005.” Laporan Penelitian,2005.

Marjohan. “Kemandirian dalam Belajar perlu ditingkatkan.” IPNU, IPPNU Tangkil Tengah, 16 November 2009.

Munjiat, S. M. “Pengaruh Fatherless Terhadap Karakter Anak dalam Prespektif Islam.” Al Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2017, Vol. 2.

Mustaqim, Abdul., Menjadi Orang Tua Bijak, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2005.

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Papalia, D. E., Old., S. W., & Feldman, R. D., Human Development: Psikologi Perkembangan, Cet. IX, Jakarta: Kencana, 2008.

Pratt, M. W., Skoe, E .E., Arnold, M. L., Care reasoning development and family socialization patterns in later adolescence: A longitudinal analysis. International Journal of Behavioral Development, Vol. 28, No. 2, 2004.

al-Qurthuby, Abu Abdillah Muhammad Syamsyuddin, al Ja>mi’ li Ahka>m al Qur’an, Riya>dh: Da>r al-‘A>lam al Kutub, Jilid. 14, 2003.

Rahmi, R. “Tokoh Ayah dalam al Quran dan Keterlibatannya dalam Pembinaan Anak.” Kafa>’ah: Journal of Gender Studies, Vol. 5, No. 2, 2015.

Sabiq, Sayid, Aqidah Islamiyah, Jakarta: Robani Press, 2006.

as-Sa’di, Abdurrahman bin Nashir bin Abdillah, Taisi>r al-Kari>m ar-Rahma>n fi Tafsi>r Kala>m al-manna>n, Kairo: Mu’assasah ar-Risa>lah, Jilid. 1, 2000.

Santrock, J. W., Child Development (Terj. Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti) Jakarta: Erlangga, Cet. XI, Jilid 1 2007.

Sawarjuwono, T., & Kadir, A. P., “Intellectual capital: Perlakuan pengukuran dan pelaporan (sebuah library research).” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 5, No. 1, 2003.

Setianingsih, F., “ Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar.” Academica Journal of Multidisciplinary Studies, Vol. 1, No. 2, 2017.

Shihab, Muhammad Quraish, Tafsir Al-Mishbah, Tangerang: Lentera Hati, Vol. 12, 2002.

Suciati, P. K., “Sebuah Tinjauan Teoritis dan Perspektif Islam.” Yogyakarta Buku Litera, 2015.

Sugito, Pendidikan untuk Pencerahan dan Pemandirian Bangsa. Yogyakarta: Ash-Shaff, 2013.

Susanto, A., “Pola Komunikasi Keluarga Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Ilmiah Al Hadi, Vol. 5, No. 1, 2020.

Sutopo, J. “Fenomena LKS: Meninggalkan Dampak Ketidakmandirian pada Siswa.” Radar Bojonegoro, 13 Februari 2007.

Thalib, S. B., Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Zed, M., Metode Peneletian Kepustakaan, Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Zulheldi, Tafsir Tarbawi Penelitian Tafsir Pendidikan, Depok: Rajawali Pres, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i1.5813

Article Metrics

Abstract - 1151 PDF - 814

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i1.5813.g3267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.