THE INFLUENCE OF PHYSICAL EVIDENCE AND TASTE ON CUSTOMER LOYALTY IN MEMORATION COFFEE IN PASAR BARU TANGERANG
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bukti Fisik dan Cita Rasa Terhadap Loyalitas Pelanggan secara parsial maupun simultan pada Kopi Kenangan di Pasar Baru Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 pelanggan. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan menggunakan rumus Lamshow. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa Bukti Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dapat disimpulkan nilai t- hitung > t-tabel (8,744 > 1,98552), Cita Rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dapat disimpulkan nilai t-hitung > t-tabel (9,111 > 1,98552), dengan secara simultan menunjukan bahwa Bukti Fisik dan Cita Rasa berpengaruh siginifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dapat disimpulkan nilai F- hitung > F-tabel (74,494 > 3,09).
Kata Kunci: Bukti Fisik; Cita Rasa; Loyalitas Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
Adnan. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Anggraini, N. A. (2020). Pengaruh Kecepatan Layanan Dan Cita Rasa Terhadap Loyalitas
Pelanggan Pada Café Intermezzo Medan. 8(75), 147–154.
Faradila, C. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kopi Kenangan. 3(2), 6.
Gendalasari, G. G. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Reliabilitas, Assurance, Daya Tanggap Dan Empati Terhadap Loyalitas Pelanggan Emeralda Golf. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 31–40.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponegoro. Hasibuan, Malayu. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi (Cetakan ke-1).
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hery, 2019. Dalam buku ”Manajemen Pemasaran”. Jakarta: PT Grasindo. Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indriany, V. P. (2018). Pengaruh Lokasi, Bukti Fisik dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Cafe Kopi Keun yang Berlokasi di Jalan Pahlawan Bandung). 2(1), 32–41.
Kolonio, Jeremia & Djurwati soepeno. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA Vol. 7, No. 1.
Koontz, Harold Cyril O’Donnel. 2018. Management, Edition X, Tokyo: Mc Graw-Hill Kogakusha, Ltd.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 2, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kusumaningrum, F. D. (2019). Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang The Effect of Cup Colors Towards The Perception Of Coffee Taste In Psychology Faculty Students Class Of. Prosiding, (2004), 409–419.
Kusumastuti, Ardhila & Kodir, Abdul. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Jateng Cabang Pembantu Sampangan. Keunis Majalah Ilmiah, 7(1), 22-49.
Laksana, M. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Lestari, Z. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty) Terhadap Kepuasan Pelanggan Study Kasus di Naava Green Ponorogo. Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(1), 26-52.
Lupiyoadi, R. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Komputer. Jakarta: Salemba Empat.
Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Iqtisha Dequity, 1(2), 57–68.
Makrifah, L. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Layanan dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Intervening. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 11(2), 330–341.
Mardyanningsih, S. W. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Cita Rasa dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kober Mie Setan Kediri. Jurnal EBISMEN, 1(3), 128– 142.
Novianti. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108.
Pohan, Fani & Aulia, Zida. (2019). Kualitas Situs Web, Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen Tokopedia. Strategi dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 13-22.
Riduwan. 2018. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta. Rohman, Abdul. 2017. Dasar - Dasar Manajemen, Cetakan 1, Malang: CV. Cita Intrans
Selaras.
Sakinah, N. P. (2022). Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Skincare Wardah Dikota Bima.
JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 38–43.
Sari, R. R. N. (2018). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Tempat Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Kedai Mie Djoedes Pare). Jurnal Ekuivalensi.
Sikula, Andrew F. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Erlangga.
Silaban, P. H. (2019). Pengaruh Orang, Bukti Fisik dan Proses Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Destinasi Wisata Pantai Bulbul. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18, 87– 100.
Siregar, Nurintan. (2019). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening di Toko Abang-Adik. Jurnal Benefita, 4(2), (363-376).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-dua puluh delapan). Bandung: Alfabeta.
Supomo R dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Yrama Widya.
Wijaya, C. A. (2021). Pengaruh Bukti Fisik, Suasana Ruangan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Warunk Upnormal Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 43–52.
Zahara, Rita. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Strategi dan Aplikasi Bisnis. 3(1), 31-38.
Immawati, S. A., & Anggi, A. (2023). The Effects of e-WOM and Green Product Innovation on Consumer Purchase Decisions through Social Media Marketing on Beauty Products in Sociolla. Telaah Bisnis, 23(2), 168-179.
Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/combis.v5i2.9587
Article Metrics
Abstract - 788 PDF - 768DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/combis.v5i2.9587.g4440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal has been indexed in:
Tools
Office:
Editor of Jurnal Comparative; Ekonomi dan Bisnis UMT, Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
Wa: 08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com
Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis © 2021 is licensed under CC BY-SA 4.0