LOYALITAS PELANGGAN: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN

Abdul Rauf, Metha Dwi Apriyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Bintang Sport secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat survey. Penelitian ini dilakukan di Toko Bintang Sport. Sample penelitian ini sebesar 92 responden. Uji kuesioner yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah diperoleh persamaan Y’ = 1,564 + 0,656X1 + 0,313X2 artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Toko Bintang Sport. Uji t kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel adalah (23,660 > 1,986), maka variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji t kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel adalah (18,161 > 1,986), maka variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji Fhitung diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel adalah (323,9 > 3,10), artinya bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toko Bintang Sport.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chandra, F.T. 2016. Service, Quality dan Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran, Pearson Education, Inc. Served.

Limakrisna, Nandan. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Noor, Juliansyah. 2015. Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana.

Rauf, Abdul dan Ismayudin Yuliyzar.2016. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Gan Publishing.

Sangadji, Etta Mamang. 2013. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sudaryono .2014. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran, Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen, Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.

Sugiono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Buku Seru.

Swasta, Basu. 2013. Pengantar Bisnis Modern, Yogyakarta: Liberty.

Taufiq, Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Jurnal – Jurnal

Adhimas, Putra. 2013. Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan terhadap loyalitas Pelanggan Toko Sari Kaligawe. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas di Ponegoro Semarang 2013.

Basith, Abdul. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan, (Survei pada Pelanggan De’Pans Pancake and Waffle di Kota Malang). Administrasi Bisnis (JAB)/Vol. 11 No.1 Juni 2014.

Kusumasasti, Ika. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffe Shop. Ekonomi Bisnis. Vol.22, No. 2, Oktober 2017: 123-129.

Maftukhin, Muhammad. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Bandeng Juwana Erlina Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro 2014.

Rinanda, Novita. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan, (Studi Kasus pada V salon jl. Osamaliki No. 78 Salatiga). Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacava, Salatiga 2013.

Ritomiea, Reiga. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Honda di Kabupaten Jember. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember 2014.

Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2022). THE IMPLEMENTATION OF A MANAGEMENT AUDITON HR RECRUITMENT TO ASSESS THE EFFECTIVENESS OF EMPLOYEE PERFORMANCE. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 14(2), 243-251.

Abbas, D. S., Ismail, T., Taqi, M., & Yazid, H. (2023). Determinant of company value: evidence manufacturing Company Indonesia. Calitatea, 24(192), 183-189.

Ariyana, A., Enawar, E., Ramdhani, I. S., & Sulaeman, A. (2020). The application of discovery learning models in learning to write descriptive texts. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 401-412.

Astakoni, I. M. P., Sariani, N. L. P., Yulistiyono, A., Sutaguna, I. N. T., & Utami, N. M. S. (2022). Spiritual Leadership, Workplace Spirituality and Organizational Commitment; Individual Spirituality as Moderating Variable. ITALIENISCH, 12(2), 620-631.

Goestjahjanti, S. F., Novitasari, D., Hutagalung, D., Asbari, M., & Supono, J. (2020). Impact of talent management, authentic leadership and employee engagement on job satisfaction: Evidence from south east asian industries. Journal of Critical Reviews, 7(19), 67-88.

Gunawan, G. G., Wening, N., Supono, J., Rahayu, P., & Purwanto, A. (2021). Successful Managers and Successful Entrepreneurs as Head of Successful Families in Building a Harmonious Family. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 57(9), 4904-4913.

Hidayat, I., Ismail, T., Taqi, M., & Yulianto, A. S. (2022). Investigating In Disclosure Of Carbon Emissions: Influencing The Elements Using Panel Data. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 12(3), 721-732.

Immawati, S. A., & Rauf, A. (2020, March). Building satisfaction and loyalty of student users ojek online through the use of it and quality of service in tangerang city. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 7, p. 072004). IOP Publishing.

Joko Supono, Ngadino Surip, Ahmad Hidayat Sutawidjaya, Lenny Christina Nawangsari. (2020). Model of Commitment for Sustainability Indonesian SME’s Performance: A Literature Review. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 8772-8784. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18715

Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. B. (2021). E-service quality, customer trust and satisfaction: market place consumer loyalty analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(2), 237-254.

Ong, F., Purwanto, A., Supono, J., Hasna, S., Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Does Quality Management System ISO 9001: 2015 Influence Company Performance? Anwers from Indonesian Tourism Industries. Test Engineering & Management, 83, 24808-24817.

Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.

Purwanto, A. (2020). Develop risk and assessment procedure for anticipating COVID-19 in food industries. Journal of Critical Reviews.

Purwanto, A. (2020). Effect of compensation and organization commitment on tournover intention with work satisfaction as intervening variable in indonesian industries. Sys Rev Pharm, 11(9), 287-298.

Purwanto, A. (2020). The Relationship of Transformational Leadership, Organizational Justice and Organizational Commitment: a Mediation Effect of Job Satisfaction. Journal of Critical Reviews.

Riyadi, S. (2021). Effect of E-Marketing and E-CRM on E-Loyalty: An Empirical Study on Indonesian Manufactures. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 5290-5297.

Setyaningrum, R. P., Kholid, M. N., & Susilo, P. (2023). Sustainable SMEs Performance and Green Competitive Advantage: The Role of Green Creativity, Business Independence and Green IT Empowerment. Sustainability, 15(15), 12096.

Subargus, A., Wening, N., Supono, J., & Purwanto, A. (2021). Coping Mechanism of Employee with Anxiety Levels in the COVID-19 Pandemic in Yogyakarta. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation.

Suharti, E., & Ardiansyah, T. E. (2020). Fintech Implementation On The Financial Performance Of Rural Credit Banks. Jurnal Akuntansi, 24(2), 234-249.

Sukirwan, S., Muhtadi, D., Saleh, H., & Warsito, W. (2020). PROFILE OF STUDENTS'JUSTIFICATIONS OF MATHEMATICAL ARGUMENTATION. Infinity Journal, 9(2), 197-212.

Surip, N., Sutawijaya, A. H., Nawangsari, L. C., & Supono, J. (2021). Effect of Organizational Commitmenton the Sustainability Firm Performance of Indonesian SMEs. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(2), 6978-6991.

Wamiliana, W., Usman, M., Warsito, W., Warsono, W., & Daoud, J. I. (2020). USING MODIFICATION OF PRIM’S ALGORITHM AND GNU OCTAVE AND TO SOLVE THE MULTIPERIODS INSTALLATION PROBLEM. IIUM Engineering Journal, 21(1), 100-112.

Wulandari, I., & Rauf, A. (2022). Analysis of Social Media Marketing and Product Review on the Marketplace Shopee on Purchase Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 11, 274-284.

Zatira, D., & Suharti, E. (2022). Determinant Of Corporate Social Responsibility And Its Implication Of Financial Performance. Jurnal Akuntansi, 26(2), 342-357.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/combis.v4i2.7433

Article Metrics

Abstract - 474 PDF - 388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This journal has been indexed in:



googleGarudacrossrefdimention


Tools



        

Office:
Editor of Jurnal Comparative; Ekonomi dan Bisnis UMT, Building F, 3rd Floor, Faculty of Economics and Business, Universitiy Of Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I No.33, RT.007/RW.003, Babakan, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

Wa08567312111 (Galuh), 085716034977 (Eky)
Email: dynamic@gmail.com 


Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis © 2021 is licensed under CC BY-SA 4.0