ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM WACANA IKLAN RADIO

Winda Ayu Cahya Fitriani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur dalam iklan radio wacana lisan. Teori dalam penelitian ini adalah teori tindak tutur (Austin dan Searle), yang meliputi distribusi lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Di iklan radio ada beberapa ucapan yang berisi lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil data dari wacana iklan radio "Extra Joss dan Mie Sedap". Sumber data dalam penelitian ini adalah transkripsi rekaman data di RRI Pro 2 Fm Surakarta pada 2 Januari 2014. Validitas data menggunakan teori triangulasi. Analisis data menggunakan metode rujukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur yang muncul dalam iklan "Extra Joss" yaitu tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi. Sedangkan tindak tutur yang muncul dalam iklan "Mie Sedap" yaitu pelokalan, ilokusi, dan perlokusi.

 

Kata Kunci: Tindak tutur, wacana iklan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.