KEARIFAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN PEMALANG

Mulasih Mulasih, Yukhsan Wakhyudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat lokal Kabupaten Pemalang, menganalisis kearifan nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat lokal Pemalang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik-teknik yang lazim digunakan dalam penelitian, yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, pencatatan. Cerita rakyat Pemalang memiliki kandungan nilai pendidikan karakter yang kokoh dalam membentuk mental dan moral anak. Selain itu anak-anak juga akan akrab dengan warna dan nilai lokal yang positif yang diwarisi oleh para pendahulu Pemalang. Nilai karakter yang ditemukan yaitu 1) Religius pada cerita, Gunung Slamet, Bantarbolang, Sumur Blendung, Asal Usul Randudongkal; 2) Jujur pada cerita Asal Usul Widuri  3) Kerja Keras pada cerita Asal Usul Widuri dan Kerbau Danu; 4) Mandiri pada cerita Kerbau Danu dan Bantarbolang; 5) Rasa Ingin Tahu pada cerita Gunung Slamet; 6) Menghargai Prestasi pada cerita Asal Usul Widuri; 7) Komunikatif pada cerita Brotoseno dan Bantarbolang, Ratu Pantai Utara dan Randudongkal ; 8) Peduli Sosial pada cerita Asal Usul Widuri, Sumur Blendung; 9) Tanggungjawab pada cerita Patih Dwi Negoro

 

Kata Kunci: kearifan, cerita rakyat, pendidikan karakter. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.