Peran Sastrawan dalam Pengajaran Sastra di Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peranan sastrawan dalam pengajaran sastra di sekolah. Subjek penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan SMA di Tangerang. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyatakan perlunya peran sastrawan dalam pembelajaran di sekolah terkait pemberian motivasi secara langsung, pendampingan dalam apresiasi sastra, sumbangan pendapat dalam penyusunan kurikulum, dan penciptaaan karya sastra yang berisi nilai-nilai pembentukan karakter sesuai dengan tujuan pengajaran sastra.
Keyword: peran, sastrawan, pengajaran sastra, sekolahFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i2.880
Article Metrics
Abstract - 841 PDF - 1422Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.