PENGARUH MODEL SINEKTIKA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS SMA N 6 MUARO JAMBI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh model sinektika dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA N 6 Muaro Jambi. Permasalahan dalam menulis puisi di SMA N 6 Muaro Jambi masih dapat ditemui, salah satunya siswa tidak tertarik menulis puisi karena sulit dalam menentukan kata ketika menulis puisi. Model Sinektika adalah model pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis puisi. Metode yang digunakan ialah kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan true eksperimental control group pretest-posttest design. Data dianalisis menggunakan rumus persentase statistik inferensi dalam bentuk t-test yang didahului tes Homogenitas dan tes Normalitas. Hasilnya, menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dalam pembelajaran menulis puisi siswa, sehingga diperoleh nilai signifikansi Uji-t yang didapat sebesar 0.00 yaitu kurang dari 0.05. Hal ini membuktikan bahwa model sinektika berpengaruh dalam pembelajaran menulis puisi. Permasalahan siswa dalam menulis puisi dapat diatasi dengan menggunakan model sinektika. Penelitian ini terbatas pada periode jangka pendek. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan dalam jangka waktu pembelajaran yang lebih lama dan dipadukan dengan model atau metode pendidikan lainnya.
Kata kunci: Model Sinektika, Menulis Puisi
Full Text:
PDFReferences
Amelia, K., Hetilaniar, H., & Masnunah, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran
Sinektik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Smp Patra Mandiri 2.
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 329.
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4623
Anissa, M., Harnum, D., Rosyida, F., & Asror, A. G. (2022). Penggunaan Model
Sinektika Analogi Langsung dalam Meningkat- kan Keterampilan Menulis Cerita
Pendek ( Cerpen ) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasiman Tahun Ajaran
/ 2022. Jubah Raja, 1(1), 50–55.
Balqistiningtyas, H. A. (2019). Proses Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi
menggunakan media aplikasi android tumblr android.
Bruce joyce, Marsha Weill, E. C. (2015). Models of Teaching. Pearson Education Inc.
Fahrezy, M. F. (2022). Penerapan Model Example-Nonexample Untuk Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Kelas Viii D Smp Negeri 5 …. 27–
https://repository.unja.ac.id/33951/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/33951/6/BAB
I.pdf
Hamid, M. S. (2014). Metode EDU Tainment. DIVA Press.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group
Hermawan, D., & Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra
Indonesia Dan Pengajarannya, 12(1), 11–20.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Meidawati, K. (2018). Ontologi Puisi. Intishar Publishing.
Pradopo, R. (2014). Pengkajian Puisi. Gajah Mada University Press.
Ramdani, A. (2018). "Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Audio
Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia”.
Sugiyono. (2018). Memahami Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Alfabeta.
Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). Pengembangan Media
Pembelajaran Permainan Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika
dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, 3(3), 955–961.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Pustaka Pelajar
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10016
Article Metrics
Abstract - 81 PDF - 77Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.