ANALISIS WACANA KRITIS PERSPEKTIF NOURMAN FAIRLOUGH DALAM BERITA DARING

Winda Putri Rejeki, Ngusman Abdul Manaf, Novita Juita, Norliza Jamaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis wacana dalam berita daring berdasarkan perspektif Nourman Fairlough. Penelitian ini merupakan penelitiian kualitatif menggunakan metode metode deskriptif Data-data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa judul pemberitaan pejabat Indonesia, yaitu Massdes Arouffy pada empat media daring yang kemudian dianalisis berdasarkan teori Fairclough. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari keempat berita tersebut berdasarkan berbagai alat kebahasaan yang digunakan media dalam pemberitaan Arouffy terdapat dua alat yang menandai representasi tema seseorang, yaitu melalui (1) kosakata; diksi (pilihan kosakata formal dan nonformal), ungkapan eufimistik dan (2) gramatika; tata bahasa; fungsi sintaksis dan bentuk pemberitaan. Adapun berdasarkan analisis makrostruktural dari keempat data tersebut, bahwa dapat didasarkan pada pendapat konteks sosial yang ada di luar media sesungguhnya memengaruhi bagaimana sebuah wacana ada dalam media.

Kata Kunci: Berita daring, Wacana Kritis


Full Text:

PDF

References


Cenderamata, R. C., Darmayanti, N., & Padjadjaran, H. U. (2019). Analisis Wacana Kritis Fairclough pada Pemberitaan Selebriti di Media Daring. Vol 3(April), PP 1–8.

Erawati, A., Surif, M., & Dalimunthe, S. F. (2022). Analisis Wacana Kritis Nourman Fairclough terhadap Jokowi yang Menyentil Menterinya Mengenai Kenaikan Harga Minyak Goreng. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 6 No 2 PP 10653–10662.

Indah, N., Bakti, H., & Fairclough, N. (2017). Indonesia Analisis Tekstual dalam Konstruksi Wacana Berita Korupsi di Metro TV dan NET dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough.Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan SastraVol 6 No 2 PP 123–129.

Muzaki, A. (2023). Kognisi Sosial Dalam Lirik Mars Kota Depok:Analisis Wacana Kritis Model Teun Van Dijk. Jurnal Lingua Rima, Vol 12 No 2 PP 115–122.

Fairclough, Norman. 1995. Media Discourse. London: Edward Arnold.

Liputan6.com. “Barang Mewah Istri dan Anak Pejabat Dishub DKI Arouffy Bakal Dicek KP “, diakses dari https://www.liputan6.com/news/read/5259548/barang-mewahistri-dan-anak-pejabat-dishub-dki-massdes-arouffy-bakal-dicek-kpk, pada 8 Juni 2023.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Suara.com. “ Akibat Doyan Flexinf Pejabat Dishub DKI Massdes Aroyffy”, diakses dari https://www.suara.com/news/2023/04/12/184908/akibat-keluarga-doyan-flexingpejabat-dishub-dki-massdes-arouffy-dirotasi-heru-budi, pada 8 Juni 2023.

Suarajakarta.com. “Buntut Istri dan Anak Flexing di Medsos, Massdes Arouffy Dicopot dari Pejabat Dishub DKI”, diakses dari

https://jakarta.suara.com/read/2023/04/12/213513/buntut-istri-dan-anak-flexing-dimedsos-massdes-arouffy-dicopot-dari-pejabat-dishub-dki, pada 8 Juni 2023.

Tempo.co. “Setelah Diperiksa KPK Karena Flexing, Pejabat Dishub DKI Massdes Arouffy Dipindah ke UPT Uji Kendaraan”, diakses dari

https://metro.tempo.co/read/1714392/setelah-diperiksa-kpk-karena-flexing-pejabatdishub-dki-massdes-arouffy-dipindah-ke-upt-uji-kendaraan, pada 8 Juni 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10041

Article Metrics

Abstract - 209 PDF - 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats