PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS IX SMP KOTA JAMBI

Selvina Suhadi, Herman Budiyono, Hilman Yusra, Kamaruddin Kamaruddin, Nurfadilah Nurafadilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap keterampilan menulis teks tanggapan Siswa Kelas IX SMP Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design yang melibatkan 30 siswa kelas IX di SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. Data diolah dengan analisis deskriptif statistik dan uji beda Independent Samples T-Test dengan nilai signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks tanggapan antara kelas yang menggunakan model make a match dan yang tidak. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik (uji-t) untuk membandingkan hasil data antara kelas kontrol dan eksperimen. Melalui pemberian pretest dan posttest pada kedua kelas, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar menulis struktur teks tanggapan antara kelas kontrol (rata-rata 82,50) dan kelas eksperimen (rata-rata 90,00). Model make a match yang digunakan pada kelas eksperimen terbukti efektif dalam memantik peserta didik dan memotivasi kemauan belajar peserta didik.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran make a match, Keterampilan Menulis Teks Tanggapan


Full Text:

PDF

References


Annisa, L., & Wakijo, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS

Fuad, Zainul. 2018. Penggunaan Metode Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik. Awwaliyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol 1. No 1.

Harahap, H. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Kritis Oleh Siswa Kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UMSU).

Harefa, D. (2022). Perkembangan Belajar Dalam Model Pembelajaran Coperative . CV. Kekata Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10042

Article Metrics

Abstract - 132 PDF - 85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats