PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENULIS TEKS TANGGAPAN BIOGRAFI SISWA KELAS VII SMP DI KOTA JAMBI

Julia Br Ginting, Ade Kusmana, Albertus Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks tanggapan biografi siswa siswa kelas VII SMP di Kota Jambi dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar menulis teks tanggapan biografi siswa kelas VII SMP Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan mixed method yang menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif dalam penyajian datanya dengan tipe pararel konvergen. Pendekaan kualitatif yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dan pendekatan kuantitatif yang digunakan adalah desain true experimental dengan bentuk pretestposttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran berbasis proyek sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari pengolahan data kemampuan menulis teks tanggapan sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh nilai rata-rata awal (pretest) sebesar 37.85 dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek diperoleh nilai rata-rata tes akhir (posttest) sebesar 61.85. Hasil kemampuan menulis teks tanggapan meningkat sebesar 24.00. Sedangkan hasil uji-t sig(2-tailed) 0.02 sehingga hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks tanggapan biografi dapat digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: biografi, pembelajaran berbasis proyek


Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W & Plano Clark, V.L. (2020). Mendesain dan Melaksanakan MIXED METHODS RESEARCH. Yogyakarta. PUSTAKA PELAJAR

Fauzi, R. A., & Wikanengsih, W. (2019). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas XI. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(6), 1029-1042.

Kartiwi, Y. M. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Menyusun Teks Pidato Siswa SMA. Semantik, 9(1), 27-34.

Suryani, I., & Izar, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Menulis Cerita di Prodi Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 71-91.

Nuryadi, N., & Rahmawati, P. (2018). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10109

Article Metrics

Abstract - 210 PDF - 174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats