PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP AL-MASYHAD
Abstract
Pembelajaran yang bermakna melibatkan pengalaman siswa perlu ditingkatkan, terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang tidak hanya belajar pengetahuan saja, melainkan dapat menginterpretasi dan menginternalisasi teks melalui keterampilan menulis siswa. Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dikaitkan dengan pengalaman nyata melalui penggunaan model experiential learning dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model experiential learning terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Al-Masyhad. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, selanjutnya peneliti menggunakan jenis eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penggunaan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dapat diketahui dari pelaksanaan pretest dan posttest. Hasil penelitian yaitu nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pretest sebesar 51,97, sedangkan hasil posttest memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,45. Selanjutnya dilakukan uji N-gain untuk mengetahui selisih dari nilai pretest posttest yaitu memperoleh N-gain 0,4245 berkategori sedang. Sedangkan untuk pengujian hipotesis membandingkan antara dengan yaitu diperoleh hasil lebih besar dari yaitu (15,997 > 2,042), sementara berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan sehingga model experiential learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Al-Masyhad.
Kata kunci: experiential learning, kemampuan menulis persuasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10845
Article Metrics
Abstract - 64 PDF - 53Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.