PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII DI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learing pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur siswa kelas vii di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Data yang diperoleh adalah bagaimana cara guru merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur telah dilaksanakan dengan baik oleh guru karena pembelajaran yang diterapkan telah sesuai dengan sintak atau tahapan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata kunci: Project Based Learining , kurikulum merdeka.
Full Text:
PDFReferences
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Almuzhir, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Semester Ganjil pada Bimbingan TIK Tentang Penggunaan Dasar Internet atau Intranet di SMP Negeri 1 Marisa Tahun Pelajaran 2021/2022. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(2), 425. https://doi.org/10.37905/dikmas.2.2.425-436.2022
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.
Mujiburrahman, M., Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. Community : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99.
https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900
Noviati, M, D, A. (2021). Application of the Project Based Learning Model (PJBL). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(Mi), 5–24.
Putri, C. A. (2023). Model Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 95–105. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/ijpgmi
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408–7417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11148
Article Metrics
Abstract - 76 PDF - 31Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.