PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI SMAN 8 MUARO JAMBI

Radika Putri Siregar, Kamarudin Kamarudin, Lusia Oktri Wini

Abstract


Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Kaeya Tulis Ilmiah pada Siswa Kelas XI SMAN 8 Muaro Jambi bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran khususnya karya ilmiah di SMAN 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah pembelajaran karya tulis ilmiah menggunakan model pembelajaran mind mapping di kelas XI SMAN 8 Muaro Jambi. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap perencanaan yang memuat penyusunan rancangan pembelajaran berdasarkan tujuan dan materi pembelajaran. Tahap kedua yaitu pelaksanaan yakni guru membagi siswa menjadi beberapa kelompk untuk membuat mind mapping. Tahap evaluasi yang memuat refleksi dari penerapan yang dilakukan.

 

Kata kunci: mind mapping, karya tulis ilmiah


Full Text:

PDF

References


Anggito, Abi. Setiawan, Jhan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.Sukabumi Jawa Barat: Cv Jejak. ISBN : 978-602-474-392-5 Diakses Pada 07 Maret 2023.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Mardiyah. (2016). Keteramplian Menulis Bahasa Indnesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 3, n.2 2016:1-22.

Mulyati. (2017) . Terampil Berbahasa Indonesia; Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11159

Article Metrics

Abstract - 16 PDF - 7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats