PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO DI KELAS VIII B SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning dalam pembelajaran menulis teks pidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII B dan proses pembelajaran menggunakan model project based learning yang terekam dalam vidio. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian modul ajar yang dibuat oleh guru memuat semua komponen modul ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Selain itu, kegiatan pembelajaran telah terlaksana dengan baik sesuai dengan modul ajar dan langkah-langkah penerapan model project based learning dimulai dari pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman.
Kata kunci: project based learning, menulis teks pidato
Full Text:
PDFReferences
Afriani, M., Harjono, H. S., & Rustam. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52-61.
Anasya, S. W., Warni., & Purba, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (2), 138-147.
Haerullah, A. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif (Teori dan Aplikasi). Lintas Nalar, 221-223.
Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Centre.
Purba, A., Harahap, E. P., & Yusra D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2021/2022. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13 (1), 109.
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran.
Sitohang, R., Harahap, E. P., & Purba, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dalam Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 609.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Waruwu, S. (2022). Pendekatan Kontruktivisme Dengan Teknik M3 (Mengamati, Menirukan, Memodifikasi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 326-333.
Yusra, H. (2022). Pengaruh Penalaran Siswa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi dalam Pembelajaran PjBL. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 446-455.
Zainal, A. G. (2022). Public Speaking Cerdas Saat Berbicara di Depan Umum. In Angewandte Chemie Internasional Edition, 6 (11), 951-952.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11614
Article Metrics
Abstract - 2183 PDF - 1414Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.