KEARIFAN EKOLOGI DALAM NOVEL BARA KARYA FEBRIALDI R. SEBAGAI PEMAHAMAN NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN
Abstract
Kearifan ekologis berperan penting dalam membentuk nilai-nilai karakter bagi perubahan sosial yang lebih luas cakupannya. Konsep tersebut mengajarkan karakter cinta lingkungan yang berkelanjutan. Karakter tersebut memiliki pengaruh sebagai sarana pemahaman nilai pendidikan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kearifan ekologis dalam Novel Bara sebagai sarana pemahaman nilai pendidikan lingkungan. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui pembacaan yang ekstensif, analisis, dan dokumentasi temuan. Data dianalisis menggunakan metode analisis konten yang sesuai dengan kerangka teori ekokritik sastra. Hasil penelitian yang ditemukan ialah tentang kearifan ekologis dalam novel Bara yang dapat menjadi landasan dalam membentuk karakter cinta lingkungan. Karakter tokoh utamanya mampu membentuk pemahaman kepada pembacanya tentang cara memperlakukan alam dengan semestinya. Di dalamnya terdapat pemahaman dan pengetahuan yang berperan penting dalam melestarikan lingkungan. Karya sastra yang menitikberatkan pada nilai-nilai pendidikan karakter cinta lingkungan memiliki kebermanfaatan bagi siswa di sekolah. Siswa dapat lebih mencintai dan melestarikan alam melalui karya sastra yang dibaca misalnya novel Bara.
Kata kunci: Kearifan Ekologis, Nilai Pendidikan Lingkungan, Novel Bara
Full Text:
PDFReferences
Ballantyne, R. R., & Packer, J. M. (1996). Teaching And Learning In Environmental Education: Developing Environmental Conceptions. The Journal of Environmental Education, 27(2), 25-32.
Bogdan, R. & Taylor, S. J. (1975). Introduction to Qualitative Research Methods. New York: Wiley
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. London: SAGE Publication, Inc.
Febrialdi, R. (2017). Bara. Jakarta: Mediakita
Febriantie, S. A. (2023). Menumbuhkan Kecerdasan Ekologis Siswa Melalui Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Naga dalam Pembelajaran Sejarah. YASIN, 3(1), 19-29.
Holilah, M. (2024). 8. Kearifan Ekologis Budaya Lokal Masyarakat Adat Cigugur Sebagai Sumber Belajar IPS. Kajian-Kajian Lokal untuk Pendidikan IPS, 24 (2), 1-16
https://www.inews.id/tag/curug-putri. Diakses tanggal 03 April 2024.
Juanda, J. (2016). Pendidikan Lingkungan Peserta Didik Melalui Sastra Anak Berbasis Lokal. In Proceeding International Conference On Literature XXV (pp. 91-110). HISKI Komisariat Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiarto, E. (2017). Kearifan Ekologis Sebagai Sumber Belajar Seni Rupa: Kajian Ekologi-Seni Di Wilayah Pesisir Semarang. Imajinasi: Jurnal Seni, 11(2), 135-142.
Sultoni, A., & Suwandi, S. (2023). Representation of Ecological Wisdom in Banyumas Folklore: An Ecocritical Study. Theory and Practice in Language Studies, 13(12), 3141-3148.
Umisyani, R. A., Nensilianti, N., & Saguni, S. S. (2021). Relasi Manusia dengan Nilai Kearifan Ekologis dalam Sastra Lisan Mantra Masyarakat Bugis: Kajian Ekokritik Glotfelty. SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 81-92.
Utina, R. (2012, September). Kecerdasan Ekologis Dalam Kearifan Lokal Masyarakat Bajo Desa Torosiaje Provinsi Gorontalo. In Prosiding Konferensi dan Seminar Nasional Pusat Studi Lingkungan Hidup Indonesia ke (V
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11615
Article Metrics
Abstract - 834 PDF - 728Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.