IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MELALUI TEKNIK ECOPRINT DALAM KEGIATAN P5 KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA

Fanisa Qorina Zahro, Yuyun Widiawati, Abdul Halim, Nini Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun kreativitas siswa lebih dalam melalui ecoprint yang dilakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang sempurna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Jakarta dengan subjek siswa kelas VII sebanyak 91 siswa yang terbagi menjadi 12 kelompok. Objek penelitian ini adalah implementasian teks prosedur melalui kegiatan ecoprint yang bekerja sama dengan Praveena. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis yang kemudian hasil tersebut dicatat sebagai sebuah narasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiata ecoprint yang dilaksanakan oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Jakarta menggunakan prosedural teks prosedur agar hasil ecoprint sesuai dengan corak atau motif yang diinginkan. Dalam kegiatan ecoprint, siswa juga membangun karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Lalu Profil Pelajar Pancasila Mandiri, bergotong royong, dan kreatif.

Kata kunci: P5, teks prosedur, teknik ecoprint


Full Text:

PDF

References


Dewi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Samarinda. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 101–112. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.pp101-112

Pascarina, H. (2022). Kalimat Perintah pada Pemeragaan Teknik Ecoprint dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMP Permata Hati Purwokerto. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i1.1542

Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh Iv Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta LPM, 21(2), 18–26. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6761

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 137.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11661

Article Metrics

Abstract - 700 PDF - 812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats