PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI MENGULAS KARYA FIKSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning dalam kemampuan mengulas karya fiksi di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penelitian ini dilakukan pada bulan Februari tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mencakup hasil observasi guru dan siswa, wawancara dengan guru bahasa Indonesia, serta hasil nilai siswa dan modul ajar. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dilakukan dengan baik, sesuai dengan langkah-langkah pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan kesimpulan. Evaluasi pembelajaran meliputi penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengulas karya fiksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan analisis dan pemahaman siswa terhadap teks ulasan karya fiksi.
Kata kunci: Discovery Learning, Mengulas, Fiksi, Pembelajaran Aktif
Full Text:
PDFReferences
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksara.
Setijono, D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas VIII.D SMP N 9 Muaro Jambi Semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 96. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.202
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Motode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indinesia), 1(5), 713–720
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.11667
Article Metrics
Abstract - 680 PDF - 1281Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.