KALIMAT IMPERATIF PADA IKLAN CAMILAN
Abstract
Penelitian ini fokus pada bentuk dan jenis kalimat imperative pada iklan camilan. Peneliti menjelaskan bentuk dan jenis kalimat imperatif yang muncul pada iklan camilan di beberapa media selama tahun 2020-2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu iklan camilan. Sementara, objek yang digunakan oleh peneliti adalah kalimat imperatif yang terdapat pada iklan camilan. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simak. Teknik dasar yang digunakan peneliti yaitu teknik dasar sadap. Peneliti melakukan observasi terhadap kalimat imperatif yang digunakan dalam iklan camilan. Selanjutnya juga digunakan teknik lanjutan yaitu teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument. Human instrument adalah kedudukan peneliti sebagai instrumen utama karena dalam penelitian kualitatif ada keyakinan makna dari berbagai interaksi. Pada penelitian ini menggunakan teknik trianggilasi teori dan teknik trianggulasi peneliti. Analisis data yang digunakan dalam pembahasan permasalahan penelitian menggunakan metode agih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua jenis kalimat imperatif pada iklan camilan seperti: kalimat imperatif perintah dan kalimat imperatif larangan; (2) kalimat imperatif dalam iklan camilan terdiri atas kalimat perintah tegas, biasa, dan halus. Selain itu, kalimat permintaan pada iklan camilan mempunyai penanda berupa tanda seru (!) sebagai ungkapan intonasi tegas.
Kata kunci:Kalimat Imperatif, Iklan, Camilan
Full Text:
PDFReferences
Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia : pendekatan proses. Jakarta, Rineka Cipta.
Darmawanti, A. A. S. (2023). Analisis Kalimat Persuasif dalam Strategi Komunikasi Penjualan Online di Tiktok dan Relevansinya pada Pembelajaran Teks Iklan Di SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Darmawanti, A. A. S., Indriani, M. S., dan Astika, M. (2019). Analisis Kalimat Imperatif dalam Video Tutorial Skincare Clarin Hayes di Youtube dan Relevansinya pada Pembelajaran Teks Prosedur di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksa. 9 (2)PP 324-333
Ekaningtiass, P., dan Fetriani, M. (2021). Kalimat Imperatif dalam Ceramah Kyai Duri Ashari. Seulas Pinang. 3 (2) PP 25-31
Nuryadin, T. R., & Wagiati. (2020). Kalimat Imperatif dalam Iklan Layanan Masyarakat Berbahasa Arab Terkait Covid-19 di SBS Australia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(4), 385-392
Prihatini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia. Bandung: PT Bintang Pustaka
Wulandari, S. (2021). Kalimat Imperatif dalam Novel Selena Karya Tere Liye (Kajian Sintaksis). Jurnal Peneroka. 1 (1) PP 134-152
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11816
Article Metrics
Abstract - 1508 PDF - 1225Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.