INTERNALISASI PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT JOMPONG SUAR UNTUK MEMINIMALISASI KASUS BULLYING PADA SISWA SEKOLAH
Abstract
Sastra dapat menjadi alat yang kuat untuk membantu siswa memahami nilai dan norma. Dengan memberi siswa cerita dari berbagai sudut pandang, mereka akan mengajarkan kasih sayang dan empati. penelitian ini menggunakan metodologi kajian literatur. Fokus penelitian adalah hubungan antara karya sastra dengan konsep bullying. Sastra yang dipilih dipilih karena dianggap memiliki nilai dan norma yang relevan dengan relevansi dan pencegahan bullying adalah Jompang Suar. Data yang digunakan terdiri dari sastra Jompong Suar serta analisis literatur dari jurnal nasional dan internasional. Siswa dapat belajar tentang norma dan nilai hidup dari cerita seperti Jompang Suar. Mereka juga dapat mempelajari perundungan dan efeknya, serta cara melawannya. Jompang Suar merupakan salah satu kisah yang dapat membantu mencegah perundungan.
Kata Kunci : Internalisasi Sastra, Pendidikan Moral dan Karakter, Cerita Rakyat
Full Text:
PDFReferences
Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). IDENTIFIKASI FENOMENA PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. In & Saripah | (Vol. 19).
Dunn, E. W. , A. L. B. , & N. M. I. (2023). The happy philanthropist: Prosocial spending increases happiness. . Psychological Science, , 34(5), 711-722.
Gaffney, H. , B. M. J. , & S. P. K. (2021). The effectiveness of school-based anti-bullying programs: A systematic review and meta-analysis. . Journal of School Psychology, 73, 101.-642.
Mansir, M. (2021). The effectiveness of non-violence education in reducing bullying and violence in schools. . Aggression and Violent Behavior, 49, 101751.
Nickel, A. , & S. C. (2023). The effectiveness of a literature-based bullying prevention program. . Journal of Education and Child Psychology, , 41(3), 223–234.
Nurcahyani, N., Mawarni, D., Nabila, P., & Hutabarat, Y. (2023). Peran Remaja Dalam Pemberdayaan Masjid di Desa Payarengas Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat Sumatera Utara. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(2).
Recchia, H. , & C. N. R. (2018). The role of empathy in peer victimization: A meta-analysis. . Developmental Psychology, 54(10), 1936–1951.
Reni Handayani. (2023). Edukasi Bahaya Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) bagi Remaja SMA Muhammadiyah Sumbawa. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan (JPIKes), 3(2), 180–185. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i2.2339
Thomson, M. , & C. D. (2017). Effectiveness of school-based bullying prevention programs: A meta-analysis of intervention effects. . Educational Psychology Review, 29, 165–182.
UNESCO. (2017). School violence and bullying: Global status report. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
UNICEF. (2021). Indonesia: Ratusan anak dan remaja menyerukan kebaikan dan diakhirinya perundungan. Https://Www.Unicef.Org/Indonesia/Id/Siaran-Pers/Indonesia-Ratusan-Anak-Dan-Remaja-Menyerukan-Kebaikan-Dan-Diakhirinya-Perundungan.
Yulia Angga. (2020). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, , 1(1), 39–48. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.12167
Article Metrics
Abstract - 664 PDF - 376Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.