DAMPAK PENGGUNAAN YOUTUBE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN ALANG – ALANG LEBAR

Rica Karnila, Ayu Puspita Indah Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak Penggunaan Youtube terhadap produksi kata anak usia dini di Kecamatan Alang-alang Lebar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu tuturan anak usia dini yang mengandungn kosakata baru dari YouTube. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tiga orang tua dari anak usia dini di Kecamatan Alang-Alang Lebar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Youtube memberikan beberapa dampak positif bagi anak usia dini yaitu memberikan informasi dengan lebih cepat, meningkatkan pengetahuan anak, jika yang ditonton adalah konten edukasi. Anak menjadi lebih kreatif karena rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengikuti berbagai hal yang dibuat atau diperoleh, lebih percaya diri dan mudah bergaul. Hal tersebut berpengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan bahasa anak. Meskipun memberikan dampak positif bagi kemampuan bahasa dan pengetahuan anak, konten Youtube bagi anak usia dini harus tetap dibatasi dan diawasi. Sedangkan dampak negatif Youtube terhadap anak usia dini diantaranya yaitu anak menjadi malas membaca buku karena lebih suka menonton youtube, malas belajar dan sulit untuk diatur, anak akan menirukan gaya berbicara bahkan perlakuan kasar orang dewasa yang seharusnya tidak dikatakan dan dilakukan oleh anak usia dini, menonton Youtube juga memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Anak cenderung tidak mau mendengarkan nasihat orang tua jika sudah menonton Youtube.

Kata kunci: Youtube, Anak Usia Dini, Kosakata


Full Text:

PDF

References


Amada, Nadya Zahra, and Arif Hakim. 2022. Analisis Penggunaan Youtube Sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612.

Iskandar, Trias P., and Rubby A. F. Nadhifa. 2021. Fenomena Penggunaan Youtube Channel Pada Anak Usia Dini Di Masa Pendemic Covid-19.Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi) https://doi.org/10.25124/liski.v7i2.3963.7(2)

Kurniati, Mulia, and Nuryani Nuryani. 2020. Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun (Studi Pada Anak Speech Delay). Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 16 (1): 29. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2494.

Mudianti, Haya. 2023. Analisis Dampak Tayangan Youtube Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. 6 (2): 30–43. https://ejournal.stainupwr.ac.id/.

Fadhillah, N., Ratih Kusumawardani, and Laily Rosidah. 2023. Pengaruh Penggunaan Youtube Untuk Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Generasi Emas 6(1):15–20. doi: 10.25299/ge.2023.vol6(1).11210.

Qonita, Rifda, Laily Rosidah, and Fahmi. 2023. “Pengaruh Youtube Terhadap

Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.” Indonesian Journal of

Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 5 (1): 197–206. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2054.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12241

Article Metrics

Abstract - 380 PDF - 605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats