PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA FILM KOMEDI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MARELAN

Widya Octavianty, M. Joharis Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung mengunakan model pembelajaran inkuiri tanpa berbantuan media film komedi. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling, dilakukan dengan menentukan dan membagi sampel jika yang diteliti sangat luas. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu kelengkapan struktur dan kelengkapan kaidah kebahasaan. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen, dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media film komedi diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,88. Pemerolehan nilai siswa di kelas eksperimen tergolong kategori sangat sangat baik dengan persentasi 58,33%. Kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan media cerita bergambar memperoleh nilai rata-rata 65. Pemerolehan hasil menulis teks anekdot siswa di kelas kontrol berada pada rentang dikategori cukup dengan persentasi 41,66%. Berdasarkan hasil tersebut, membuktikan bahwasannya model pembelajaran inkuiri berbantuan media film komedi lebih memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Marelan dibandingkan dengan menggunakan media cerita bergambar.

Kata Kunci: Inkuiri, Media Film, Teks Anekdot, Menulis.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Tuti dkk. (2020). Kita Menulis Merdeka Menulis. Yayasan Kita

Menulis.

Cangara. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Fathurrohman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan

Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hudhana, W., D., dan Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam MeningkatkanKeterampilan Menulis Cerpen Berbasis Pendidikan

Karakter padaSiswa SMA. Pena. 9 (1).

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks. Bandung: Penerbit Yrama Media.

Palupi, Dian. (2014). Bentuk dan Fungsi Humor dalam Serial Drama Komedi

Extra Francais Karya Whitney Barros. Universitas Negeri Yogyakarta.

Skripsi Publikasi. Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12526

Article Metrics

Abstract - 271 PDF - 315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats