PENGARUH METODE AKTIF REFLEKTIF TERHADAP MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA KELAS VII SMP BINA PUTRA SEPATAN TIMUR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengalaman siswa seperti kosakata dan kurangnya pemahaman tentang struktur menulis laporan perjalanan. Metode pembelajaran yang digunakan membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan menulis laporan perjalanan adalah metode pembelajaran Aktif Reflektif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemampuan menulis laporan perjalanan menggunakan metode pembelajaran konvensional menunjukkan hasil thitung (2,040) < ttabel (2,042), thitung lebih kecil dari ttabel, ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedan yang signitifan antara siswa kelas kontrol dan eksperimen dalam kemampuan menulis laporan perjalanan di pretes. Setelah pretes dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa dilakukan postes. Hasil penelitian postes diketahui thitung (4,255) > ttabel (2,042), thitung lebih besar dari ttabel, ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan menggunakan metode pembelajaran Aktif Reflektif dan siswa yang hanya menerima pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan metode pembelajaran Aktif Reflektif pada kelas eksperimen kemampuan menulis laporan perjalanan siswa lebih baik.
Kata kunci : metode Aktif Reflektif, menulis laporan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1259
Article Metrics
Abstract - 406 PDF - 498Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.