INTERAKSI ANALITIK RELASI PENGUASAAN KOSAKATA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARATIF SISWA SDN DI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan relasi penguasaan kosakata dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan keterampilan menulis karangan naratif siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan teknik korelasi yang dilakukan untuk menjawab hipotesis, yaitu: ada tidaknya (1) relasi penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan naratif, (2) hubungan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan keterampilan menulis karangan naratif, (3) hubungan penguasaan kosakata dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan naratif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Ujung Menteng Jakarta Timur dengan jumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya relasi antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan naratif, dengan rhitung 0,648 > rtabel 0,155, (2) adanya hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan keterampilan menulis karangan naratif, didapat rhitung 0,486 > rtabel 0,155, (3) adanya hubungan antara penguasaan kosakata dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan naratif, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,652 dan koefisien determinasi 0,348 yang berarti besarnya kontribusi penguasaan kosakata dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan naratif sebesar 65,2%. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif dapat dilakukan dengan meningkatkan penguasaan kosakata dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Kata kunci: Interkasi Analitik, Penguasaan Kosakata, Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar, Keterampilan Menulis Karangan Naratif
Full Text:
PDFReferences
Adityaningrum, dkk. (2021). Studi Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Minat Menulis dengan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 9. No 1. https://doi.org/10.20961/jpd.v9i1.49023
Akhadiah, S. (2004). Buku Materi Pokok Menulis II. Jakarta: Karunika
Alqahtani, Mofareh. (2015). The Importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International Journal of Teaching and Education, Vol. III(3), pp. 21-34. https://doi.org/10.20472/te.2015.3.3.002
Annas, Anita (2020) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V MI. 05 Botta Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Thesis, Universitas Cokroaminoto Palopo. http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/572
Ardy Wiyani Novan. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia
Dini. Yogyakarta: GAVA MEDIA
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Asyiah, D. N. (2017). The Vocabulary Teaching and Vocabulary Learning: Perception, Strategies, and Influences on Students’ Vocabulary Mastery. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(2), 293–318. https://doi.org/10.21274/ls.2017.9.2.293-318
Baihaqi & Sugirman. (2008). Memahami dan membantu Anak ADHD. Bandung: Refika Aditama
Chaer, Abdul. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta
Desi, Sri, Astuti. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat dengan Keterampilan Membaca. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 5, No. 2
Daniati, N., Yarmi, G., & Ardiasih, L. S. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sd Negeri Kelas V di Wilayah 3 Kelurahan Pegadungan Jakarta Barat. Jurnal Education and Development, 9(4), 537-543.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
De Saussure, Ferdinand.(2004). Course in General Linguistics. Literary Theory: An Anthology, 2, 59-71
Djiwandono, Soernadi. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Bandung: Alfabeta
Fahrizal, Z. (2015). HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN TEMBONG 1 KECAMATAN CIPOCOK JAYA (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Fahrurrozi, Rachmadtullah, dan Hasanah. (2020). The Influence of Reading Interests, vocabulary mastery, and critical thinking on reading comprehension in elementary school student. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/jurnal/Reading_Comprehension.pdf
Faliyanti, E. (2015). The Correlation Between Students’ Vocabulary Mastery and Their Interest in English Toward Reading Comprehension in Descriptives Text. Premise Journal: ISSN Online: 2442-482x, ISSN Printed: 2089-3345, 4(2). https://doi.org/10.24127/pj.v4i2.301
Hadi, S. 2015. Metodologi Riset. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Hamalik, O., (2016), Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hendrawati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. PEDAGOGIA, 2(1), hlm.59-70.
Ikhsan, dkk. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Joko, Sukoyo. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca Dengan
Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unnes. Jurnal Bahasa dan Sastra: Lingua. Volume IX. Nomor 1
Kaswari, dkk. (2018). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 36 Pontianak. Journal of Equatorial Education and Learning. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i9.28542
Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Kiky Lestari. (2012). Kunci Mengendalikan Anak dengan ADHD. Yogyakarta: Familia
Lado, Robert. (2007). Language Teaching: A Scientific Approach. Bombay New Delhi:
Tata Mc Graw Publishing Co. Ltd.
Mahpudoh. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Penguasaan Kalimat dengan Kemampuan Menulis Deskripsi. Jurnal Artikula. https://doi.org/10.30653/006.201921.17
Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Malcolm. (2015). Grammar and Vocabulary. Jerman: Hueber
Mubarok, Zaky. (2018). Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berpidato Survey pada Siswa MAN di Jakarta. Jurnal Mandiri, 2(1), 201-225. https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i1.39
Muhammad, A, Basroh. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 42 Merangin Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol. 4 No.1
Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish
Nenden, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe concept Sentence Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Volume 4, Nomor 2. Kalimaya
Nina, Puspitaloka. (2019). The Effects of Grammar Mastery And Critical Thinking On Student’s Descriptive Writing Skill. ELT in Focus, Vol. 2(1). https://doi.org/10.35706/eltinfc.v2i1.2024
Nisa, dkk. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Nurbandiah, & Syibli. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Sketsa
Terhadap Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V MIN Kota Cirebon. Journal Homepage: www.Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Ibtida.
Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Inu Kencana Syafiie. (2013). Ilmu Pemerintahan, Jakarta: Bumi Aksara
Rahdika, S, F, Wulandari. (2021). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjung Palas Tengah. Skripsi. Perpustakaan UBT: Universitas Borneo Tarakan
Ratna, S. (2002). Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris.
Jurnal Pendidikan Penabur
Rofi’uddin, Ahmad & Zuhdi, Darmiyati. (2002). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.
Rukmana, A. (2006). Pengelolaan Kelas dan Berbagai Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: remaja.
Sanusi, Anwar. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Semi. (2021). Dasar- dasar Ketrampilan Menulis. Bandung: Angkasa. Digital Gramedia
Sobur, A. (2018). Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT
Remaja Rosdakarya.
Sugyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Suhendra. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Biografi”. Jurnal Pedagogia.Volume 7 Nomor 2
Suparno & Yunus,M. (2014). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta; Universitas Terbuka
Suriamiharja. (1997). Petunjuk Praktik Menulis. Jakarta: Depdikbud
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kencana.
Sutopo, A. & Said, R.R. (2020). The Influence of Reading Comprehension and Vocabulary Mastery Toward Translation Skill. International Journal of Scientific & Technology Research 9(1) 2005-2010.
Syaodih, Nana. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan Kesuma Karya
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarmansyah. (2009). Perspektif pendidikan inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang Press
Teuku, Mahmud. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Thoifah, Anatut. (2019). Statistika Pendidikan dan Metodologi Penelitian Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI
Umro, Adi., & Ulfa. (2019). Multimedia Tutorial Untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak Adhd (attention deficit hyperactivity disorder). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. UNM
Urquhart, Vicky and Mclver, M. (2005). Teaching Writing in the Content Areas. Alexandria: Congres Cataloging.
Wardani, R. K. (2020). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Menulis Narasi (Penelitian Studi Korelasi pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020).
Wirna, I. (2012). Penguasaan Kosakata Baku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri Lhoknga Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Serambi Ilmu 13 (1), 7-10.
Y. Budi Artati. (2018). Kreatif Menulis. Simelue: PT. Intan Pariwara
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12595
Article Metrics
Abstract - 272 PDF - 221Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.