PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI SUKASARI II KABUPATEN TANGERANG

Elisa Deliyana, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang menggunakan model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara. Penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimental desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sukasari II Kabupaten Tangerang yang berjumlah 60 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 60 siswa yaitu kelas VA  yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan, yaitu pretes dan postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan model The Separate Model T-Tes yaitu uji-t pretes menunjukkan thitung 1,58 < ttabel 1,67, maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh thitung 7,85 > ttabel 1,67,maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa pada kelas V SD Negeri Sukasari II Kabupaten Tangerang.

Kata Kunci : Role Playing, Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1260

Article Metrics

Abstract - 1358 PDF - 1538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats