PENERAPAN METODE GUIDED WRITING BERBASIS PICSART DALAM KETERAMPILAN MENULISKAN TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMPN 2 TEGALSARI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode guided writing berbasis aplikasi PicsArt dalam keterampilan menuliskan teks persuasif siswa kelas VIII di SMPN 2 Telagasari. Metodologi yang diterapkan ialah pendekatan kuantitatif melalui desain kuasi-eksperimental dengan skema pretest-posttest nonequivalent control group. Studi ini melibatkan 72 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, yakni tes awal dan akhir. Analisis data dilaksanakan dengan menerapkan serangkaian uji statistik, mencakup uji normalitas, homogenitas, n-gain score, serta uji hipotesis menerapkan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian yaitu pada hasil uji SPSS, data menunjukkan bahwa setelah posttest, terdapat peningkatan yang signifikan pada kedua kelas. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 89,58, sedangkan kelas kontrol mencapai 79,17. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan keterampilan menulis teks persuasi antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Guided Writing berbantuan aplikasi Picsart dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan uji N-Gain, peningkatan rata-rata kelas eksperimen adalah 69,37% dengan kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol hanya 40,30% dengan kategori kurang efektif. Berdasarkan studi ini, metode guided writing berbasis aplikasi picsart efektif dalam mendorong keterampilan menuliskan teks persuasi.
Kata kunci: Guided Writing, Picsart, menulis, teks persuasi
Full Text:
PDFReferences
Dalman H. (2016). Keterampian Menulis. Depok: PT RajaGrafindo Indonesia.
Haritzah, Himawan. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Metode Guided Writing Di Kelas 2a SDN
Sampangan. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Hudhana, W. D., dan Fitriani, H. S. H. (2020). Pengembangan Media Prezi pada Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA se-Kota Tangerang di Era Digital. Silampari Bisa. Vol 2 No 2 PP 224-238
Nurlatifah, H., Uswatun, D. A. dan Amalia, A. R. (2020). Penerapan Metode Guided Writing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Perseda. Vol 3 No 1 PP 26-35
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12608
Article Metrics
Abstract - 247 PDF - 184Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.