ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM WACANA IKLAN RADIO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur dalam iklan radio wacana lisan. Teori dalam penelitian ini adalah teori tindak tutur (Austin dan Searle), yang meliputi distribusi lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Di iklan radio ada beberapa ucapan yang berisi lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil data dari wacana iklan radio "Extra Joss dan Mie Sedap". Sumber data dalam penelitian ini adalah transkripsi rekaman data di RRI Pro 2 Fm Surakarta pada 2 Januari 2014. Validitas data menggunakan teori triangulasi. Analisis data menggunakan metode rujukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur yang muncul dalam iklan "Extra Joss" yaitu tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi. Sedangkan tindak tutur yang muncul dalam iklan "Mie Sedap" yaitu pelokalan, ilokusi, dan perlokusi.
Kata Kunci: Tindak tutur, wacana iklan
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1262
Article Metrics
Abstract - 3080 PDF - 3442Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.