PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN (3 M) DALAM KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DI KELAS VIII SMPN 3 SATAP BONEPANTAI

Atika R. Moohulalo, Herman Didipu, Wa Ode Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai, 3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran keterampilan menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai, dan 4) Mendeksripsikan faktor-faktor yang memengaruhi hasil pembelajaran keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran 3 M pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumen, dan tes kemampuan. Data dinalisis berdasarkan teori Miles dan Huberman yang membagi langkah-langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Merujuk pada hasil penelitian, dapat diambil simpulan bahwa perencanaan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah RPP. RPP yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Proses pelaksanaannya pun sudah sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP. Hasil penilaian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran 3 M berhasil membantu siswa untuk memahami materi menyajikan drama dalam bentuk naskah. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Satap Bonepantai adalah 82,10 dengan kategori baik. Sementara itu, penerapan model pembelajaran 3 M berhasil diterapkan karena didukung oleh beberapa faktor, yaitu faktor yang berasal dari siswa, guru, serta sarana dan prasarana.

Kata Kunci: Meniru, Mengolah, Mengembangkan, Drama, Naskah


Full Text:

PDF

References


Bahri S. (2017). Pengembang Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1). https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Hilimi H, Malabar S, Pulukadang WT. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Menulis

Laporan Hasil Wawancara Siswa Kelas IV SDN. Innovative: Journal Of Social,

Kusumawati K, Doyin M, Mulyono D. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui Media Kartu Gambar Dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1).

Marahimin. 2018. Menulis secara Populer. Pustaka Jaya: Jakarta.

Masie SR, Malabar S, Didipu H. 2022. Model Growth Mindset dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Anak. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(1). https://doi.org/10.26499/jentera.v11i1.4801.

Pamungkas TPB, Nia Rohayati, Hidayat T. 2019. Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Menggunakan Teknik 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan). Jurnal Diksatrasia, 3(2): 1–14.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.

Syahputra. H., Satria, I., dan Astuti, D. P. J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) dalam Pembelajaran MEnulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPIT IQRA' Kota Bengkulu. Jurnal Pustaka Indonesia. 2 (2) PP 127-133

Thabroni G. 2022. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh).

Serupa.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12866

Article Metrics

Abstract - 268 PDF - 231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats