PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA CANVA DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL DI KELAS VII SMPN 2 CIKARANG PUSAT

Indriyani Indriyani, Sutri Sutri, Dewi Suprihatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Predict, Observe, Eksplain (POE) berbantuan media Canva terhadap keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Cikarang Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-exsperimental dengan desain pretest-posttest control group. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan yang menggunakan model pembelajaran POE berbantuan media Canva dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Cikarang Pusat yang berjumlah 58 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan observasi, sedangkan analisis data dilaksanakan dengan menerapkan seragkaian uji statistick, mencakup, uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menerapkan perangkat lunak SPSS versi 27. Berdasarkan nilai rata-rata hasil posttest keterampilan menulis teks fabel setelah diterapkan model predict, observe, explain lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan model predict, observe, explain. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan model predict, observe, explain yaitu 48,69. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan model pembelajaran predict, observe, explain, maka diperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 83,69. Pernyataan diatas disimpulkan bahwa model pembelajaran predict, observe, explain yang diterapkan pada pembelajaan Bahasa Indonesia berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMPN 2 Cikarang Pusat.

Kata kunci: Predict Observe Explain, Canva, Menulis, Teks Fabel

 

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis dalam Gamitan Pendidikan Karakter. Edu Humaniora, 4 (1)

Devi, A. S. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep oleh Siswa Pada Materi Pokok Keanekaragaman Ciri Makhluk Hidup (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Fadly, Wirawan. 2022. Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bantul: Bening Pustaka.

Filma, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Fabel Menggunakan Metode Discovery Learning SMP Negeri 8 Pontianak. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 11-20.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80-89.

Megawati, A., Rabiah, S., & Akidah, I. (2023). Pengaruh metode ceramah terhadap keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X Merdeka A SMA Negeri 14 Jeneponto. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 465-477.

Nur Fitriah S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Rakyat Murid Kelas V SD. Jurnal kajian pendidikan dasar.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran, Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12941

Article Metrics

Abstract - 241 PDF - 136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats