ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 1 KARAWANG DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Komala Siti Hartinah, Wienike Dinar Pratiwi, Roni Nugraha Syafroni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alih kode dan campur kode kegiatan belajar mengajar di kelas XI jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Data penelitian ini merupakan tuturan yang mengandung campur kode dan alih kode dalam kegiatan pembelajaran kelas XI teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Karawang. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Karawang. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan atau verifikasi, dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian yaitu terdapat 52 tuturan mengandung alih kode dalam jenis alih kode internal code switching, 99 tuturan campur kode pada tataran kata, dan 28 tuturan campur kode pada tataran frasa. alih kode dan campur kode dalam penelitian ini melibatkan bahasa Indonesia dan bahasa sunda serta terdapat penyisipan bahasa asing (bahasa Inggris) oleh siswa dan guru dalam sebuah proses belajar mengajar. Alih kode internal yakni penggunaan dua bahasa meliputi bahasa Sunda dan bahasa Indonesia yang dituturkan melalui guru dan murid. Adapun fenomena campur kode bahasa Sunda dan bahasa Indonesia yang ditampilkan ialah campur kode dengan klasifikasi sisipan kata dan sisipan frasa. Penggunaan dua bahasa di atas telah memenuhi kriteria terjadinya fenomena kedwibahasaan.

Kata kunci: alih kode, campur kode, bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Manik, Y. A., Tambunan, M., & Saragih, V. R. (2022). Campur Kode Dan Alih Kode Siswa Di SMP Negeri 1 Simanindo. Intelektiva, 91.

Nurcahyaningtias, N. D., Niza, N. k., & Suaidi, M. Z. (2024). Strategi Pembelajaran Bilingualisme Di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabarponorogo. MAHIRA: Journal of Arabic Studies, 62.

Nurhayati, L., Salsa, E. E., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Bilingualisme Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak. Journal Of Humanities And Social Studies, 483.

Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rulyandi, Rohmadi, M., & Sulistyo, E. T. (2014). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 29.

Suandi, N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12993

Article Metrics

Abstract - 372 PDF - 267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats