ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 1 KARAWANG DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alih kode dan campur kode kegiatan belajar mengajar di kelas XI jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis kualitatif deskriptif. Data penelitian ini merupakan tuturan yang mengandung campur kode dan alih kode dalam kegiatan pembelajaran kelas XI teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Karawang. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik SMKN 1 Karawang. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan atau verifikasi, dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian yaitu terdapat 52 tuturan mengandung alih kode dalam jenis alih kode internal code switching, 99 tuturan campur kode pada tataran kata, dan 28 tuturan campur kode pada tataran frasa. alih kode dan campur kode dalam penelitian ini melibatkan bahasa Indonesia dan bahasa sunda serta terdapat penyisipan bahasa asing (bahasa Inggris) oleh siswa dan guru dalam sebuah proses belajar mengajar. Alih kode internal yakni penggunaan dua bahasa meliputi bahasa Sunda dan bahasa Indonesia yang dituturkan melalui guru dan murid. Adapun fenomena campur kode bahasa Sunda dan bahasa Indonesia yang ditampilkan ialah campur kode dengan klasifikasi sisipan kata dan sisipan frasa. Penggunaan dua bahasa di atas telah memenuhi kriteria terjadinya fenomena kedwibahasaan.
Kata kunci: alih kode, campur kode, bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Manik, Y. A., Tambunan, M., & Saragih, V. R. (2022). Campur Kode Dan Alih Kode Siswa Di SMP Negeri 1 Simanindo. Intelektiva, 91.
Nurcahyaningtias, N. D., Niza, N. k., & Suaidi, M. Z. (2024). Strategi Pembelajaran Bilingualisme Di Pondok Pesantren “Wali Songo” Ngabarponorogo. MAHIRA: Journal of Arabic Studies, 62.
Nurhayati, L., Salsa, E. E., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Bilingualisme Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak. Journal Of Humanities And Social Studies, 483.
Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rulyandi, Rohmadi, M., & Sulistyo, E. T. (2014). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia, 29.
Suandi, N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12993
Article Metrics
Abstract - 372 PDF - 267Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.