UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD NEGERI 4 BANYUASIN III
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Banyuasin III Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dilakukan persiklus atau kegiatan berulang. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengeloaan hasil belajar siswa menggunakan analisis kuantitatif dimana skor maksimal setiap soal pada siklus I dan siklus II adalah 100. Berdasarkan penelitian bahwa Metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatakan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 4 Banyausin III. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran sebelum perbaikan hanya ada 7 orang (28%) yang terlibat aktif. Pembelajaran setelah melakukan siklus I siswa yang telibat aktif 16 orang (64%). Dan setelah dilakukan siklus II keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat yaitu 22 orang (88%). Perubahan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada ketuntasan belajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum perbaikan siswa yang tuntas hanya 3 Orang (12%), setelah dilakukan siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 Orang (44%). Pada siklus I sudah menunjukkan adanya kemajuan tetapi, Karena persentase ketuntasan belum mencapai 85% maka dilakukan siklus II, hasil yang didapat pada siklus II yaitu 22 Orang (88%). Karena persentase pencapaian hasil belajar siswa sudah tercapai maka tidak dilanjutkan siklus III.
Full Text:
PDFReferences
Adolph, R. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Makasar. 2, 1–23.
Ainin, M. (2017). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 45(2), 197–207. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p197
Dito, S. B., & Khaerunnisa, E. (2021). Model Double Loop Problem Solving Sebagai Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(3), 141. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i3.12276
Hasniwati. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Di SDN 010 Talontam Kecamatan Benai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 3, 265–273.
Kurniaman, O., & Zufriady, Z. (2019). The Effectiveness of Teaching Materials for Graphic Organizers in Reading in Elementary School Students. Journal of Educational Sciences, 3(1), 48. https://doi.org/10.31258/jes.3.1.p.48-62
Kurniaman, O., Zufriady, Z., Mulyani, E. A., & Simulyasih SB, N. (2018). Reading Comprehension Skill Using Graphic Organizer for Elementary School Students. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 1(2), 75. https://doi.org/10.33578/jtlee.v1i2.5876
Labin, L. A., & Taborda, D. A. (2017). Relationship Between the Socio-Educational Context and the Cognitive Performance Based on the WISC-IV Index Scores. Online) European Journal of Social Sciences Education, 11(2), 2015–2018.
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Liska, Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pendahuluan. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2Liska. (2(3), 161–170.
Ristiasari, T., Priyono, B., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J.Biol.Educ, 1(3), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb
Sari, P. R., Suwatno, & Santoso, B. (2022). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. The Journal of Social and Economics Education, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Syamsuraidah. (2023). Upaya Meningkatkan Partisipasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Pengumuman Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas V SD Negeri No 100724 Padang Lancat. Mathematic Education Journal)MathEdu, 6(2), 176–180. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Wati, N. M. A., Rasna, I. W., & Martha, I. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pailkem Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1), 13–25. https://doi.org/10.23887/jppbi.v9i1.3182
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.13060
Article Metrics
Abstract - 444 PDF - 333Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.