NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA BUTET DAN ORANG RIMBA KARYA BENNY RHAMDANI SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter dalam buku cerita Butet dan Orang Rimba karya Benny Rhamdani dan mengetahui upaya guru dalam mengimplementasikan nilai karakter sebagai materi ajar bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Buku cerita Butet dan Orang Rimba karya Benny Rhamdani sebagai sumber data pada penelitian ini. Data berupa kalimat atau dialog dari buku cerita Butet dan Orang Rimba yang mengandung nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik catat, studi dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data dapat 4 tahapan yang mencakup pengumpulan data, klasifikasi data, interpretasi data dan penarikan simpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan 2 triangulasi yakni triangulasi teori dan triangulasi peneliti. Hasil dari penelitian ini terdapat 3 nilai pendidikan karakter yakni nilai karakter sabar, nilai karakter kerja keras, dan nilai karakter peduli sosial. Serta upaya guru dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter (1) bergiliran membaca ulang buku cerita Butet dan Orang Rimba,(2) memberikan tugas menganalisis amanat dari buku cerita Butet dan Orang Rimba dan (3) membuat kelompok diskusi.
Kata kunci: Nilai karakter, materi ajar, buku cerita
Full Text:
PDFReferences
Ananda, K., & Khaerunnisa. (2022). Nilai Sosial dalam Novel Anak “The Soccer Girl” Karya Evangelina Tessia P, Fira Firdaus, Marsella Azuela. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 257–266.
Andriani, R. P., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649
Anshori, I. F., Hidayatulloh, S., Dewi, A. S., Viargi, R., & Yulianti, S. (2022). Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja. Jurnal Sosial & Abdimas, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.51977/jsa.v4i1.670
Arsyad, L., Akhmad, E., & Habibie, A. (2021). Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin Dan Ipin. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 59–71. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.5
Budiarti, M. C. P., & Aziz, D. K. (2021). Mengungkap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Tanah Surga Katanya Karya Danial Rifki dan Relevansinya terhadap Pendidikan Anak Madrasah Ibtidaiyah. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 94–126. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.52
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Dewi, D. A., & Ulfiah, Z. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499–506. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Fardani, M. A., Pratiwi, I. A., Prasetyo, Z. K., Samsuri, S., & Khotimah, T. (2021). Game Panjol Berbasis Android Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 241–249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548
Fitriani, R., Kholilah, K., Rini, E. F. S., Pratiwi, M. R., Safitri, H., Syiarah, H., & Ramadhanti, A. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.188-194
Hudhana, W. D. dan Fadhillah, D. (2018). Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa dan Karakter Bangsa Melalui Aktivitas Mendongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Lingua Rima. 7 (1) PP 99-105
Hudhana, W. D. dan Ibrahim, S. (2024). Persepsi Siswa Sekolah Dasar Jawa Tengah Mengenai Penggunaan Media Pembelajaran Cerita Rakyat Berbasis Digital Bermuatan Pendidikan Karakter. Lingu Rima. 13 (3) PP 208-220
Izza, N. S., Cahyani, A. I., Tiyas, R. A., Fitriyani, D. E., Zulfia, S. K., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Buku Cerita Bencana Di Pulau Seberang Karya Wiwin Alwiningsih Bagi Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 982–994.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Kironoratri, L., Bakhruddin, A., Fardani, M. A., & Ardianti, S. D. (2023). “Emopuan” Berbasis Keunggulan Lokal Pati Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 788–803. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.849
Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 6(2), 104–114. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2349
Mauladah, M., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Karakter Pada Tradisi Rebo Wekasan Di Masyarakat Desa Jepang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7148
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229
Mukti, L. I., Kumara, F. A., Aisy, F. R., Pratiwi, D. N., Ningrum, R. R., & Setiawaty, R. (2023). Kajian Sastra Anak: Konstribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Air Mata Sang Pohon Karya Naning Pranoto dan Bu Kasur. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 567–582.
Nurhamidah, M., Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2024). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 35–45.
Nurlela, R., Aida, D. N., & Muthmainah, A. S. (2022). Penerapan Permainan Engklek Dalam Upaya Menstimulasi Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ikhwan Kota Tasikmalaya. Keislaman Dan Pendidikan, 4(2), 46–50.
Putri, R., Murtono, & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401
Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8278
Sa’diyah, I. K., Rifky, A., Rohmah, T. N., Nustradamus, S. B., & Setiawaty, R. (2023). Konstribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Buku Tiga Kotak Harta Warisan Karya Angesom Abadi. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 273–285.
Sari, E., Misnawati, M., Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 83–107. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.223
Wardaya, M., Saidi, A. I., & Murwonugroho, W. (2020). Karakteristik Buku Anak Yang Memorable Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.25105/jsrr.v2i2.8233
Youpika, F., & Hiasa, F. (2021). Analisis Karakter Tokoh Dalam Cerita Prosa Rakyat Etnik Bengkulu Untuk Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 117–129. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.15646
Yudha, W. A., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Sarwono Film Hujan Bulan Juni dan Aplikasinya sebagai Alternatif Materi Ajar Sastra. Journal on Education, 6(1), 6675–6686. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3881
Yuliana, T., Mastuti, N. Z. K., & Setiawaty, R. (2024). Kajian Sastra Anak: Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Buku Cerita Naga Emas Danau Ranau Karya Yulfi Zawarnis. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 88–99. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.523
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13605
Article Metrics
Abstract - 0 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.