NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU CERITA BUTET DAN ORANG RIMBA KARYA BENNY RHAMDANI SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SD

Riska Ayuning Tiyas, Much Arsyad Fardani, Rani Setiawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter dalam buku cerita Butet dan Orang Rimba karya Benny Rhamdani dan mengetahui upaya guru dalam mengimplementasikan nilai karakter sebagai materi ajar bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Buku cerita Butet dan Orang Rimba karya Benny Rhamdani sebagai sumber data pada penelitian ini. Data berupa kalimat atau dialog dari buku cerita Butet dan Orang Rimba yang mengandung nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik catat, studi dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data dapat 4 tahapan yang mencakup pengumpulan data, klasifikasi data, interpretasi data dan penarikan simpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan 2 triangulasi yakni triangulasi teori dan triangulasi peneliti. Hasil dari penelitian ini terdapat 3 nilai pendidikan karakter yakni nilai karakter sabar, nilai karakter kerja keras, dan nilai karakter peduli sosial. Serta upaya guru dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter (1) bergiliran membaca ulang buku cerita Butet dan Orang Rimba,(2) memberikan tugas menganalisis amanat dari buku cerita Butet dan Orang Rimba  dan (3) membuat kelompok diskusi.

Kata kunci: Nilai karakter, materi ajar, buku cerita


Full Text:

PDF

References


Ananda, K., & Khaerunnisa. (2022). Nilai Sosial dalam Novel Anak “The Soccer Girl” Karya Evangelina Tessia P, Fira Firdaus, Marsella Azuela. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 257–266.

Andriani, R. P., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649

Anshori, I. F., Hidayatulloh, S., Dewi, A. S., Viargi, R., & Yulianti, S. (2022). Fenomena Cyber Bullying Dalam Kehidupan Remaja. Jurnal Sosial & Abdimas, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.51977/jsa.v4i1.670

Arsyad, L., Akhmad, E., & Habibie, A. (2021). Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin Dan Ipin. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 59–71. https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.5

Budiarti, M. C. P., & Aziz, D. K. (2021). Mengungkap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Tanah Surga Katanya Karya Danial Rifki dan Relevansinya terhadap Pendidikan Anak Madrasah Ibtidaiyah. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 94–126. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.52

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1), 50–56. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912

Dewi, D. A., & Ulfiah, Z. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499–506. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Fardani, M. A., Pratiwi, I. A., Prasetyo, Z. K., Samsuri, S., & Khotimah, T. (2021). Game Panjol Berbasis Android Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 241–249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548

Fitriani, R., Kholilah, K., Rini, E. F. S., Pratiwi, M. R., Safitri, H., Syiarah, H., & Ramadhanti, A. (2021). Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.188-194

Hudhana, W. D. dan Fadhillah, D. (2018). Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa dan Karakter Bangsa Melalui Aktivitas Mendongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Lingua Rima. 7 (1) PP 99-105

Hudhana, W. D. dan Ibrahim, S. (2024). Persepsi Siswa Sekolah Dasar Jawa Tengah Mengenai Penggunaan Media Pembelajaran Cerita Rakyat Berbasis Digital Bermuatan Pendidikan Karakter. Lingu Rima. 13 (3) PP 208-220

Izza, N. S., Cahyani, A. I., Tiyas, R. A., Fitriyani, D. E., Zulfia, S. K., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Buku Cerita Bencana Di Pulau Seberang Karya Wiwin Alwiningsih Bagi Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 982–994.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950

Kironoratri, L., Bakhruddin, A., Fardani, M. A., & Ardianti, S. D. (2023). “Emopuan” Berbasis Keunggulan Lokal Pati Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 788–803. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.849

Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 6(2), 104–114. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2349

Mauladah, M., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Karakter Pada Tradisi Rebo Wekasan Di Masyarakat Desa Jepang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7148

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1229

Mukti, L. I., Kumara, F. A., Aisy, F. R., Pratiwi, D. N., Ningrum, R. R., & Setiawaty, R. (2023). Kajian Sastra Anak: Konstribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Air Mata Sang Pohon Karya Naning Pranoto dan Bu Kasur. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 567–582.

Nurhamidah, M., Afifulloh, M., & Cahyanto, B. (2024). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPAS Di Madrasah Ibtidaiyah. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 35–45.

Nurlela, R., Aida, D. N., & Muthmainah, A. S. (2022). Penerapan Permainan Engklek Dalam Upaya Menstimulasi Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ikhwan Kota Tasikmalaya. Keislaman Dan Pendidikan, 4(2), 46–50.

Putri, R., Murtono, & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 24–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8278

Sa’diyah, I. K., Rifky, A., Rohmah, T. N., Nustradamus, S. B., & Setiawaty, R. (2023). Konstribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Buku Tiga Kotak Harta Warisan Karya Angesom Abadi. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 273–285.

Sari, E., Misnawati, M., Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 83–107. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.223

Wardaya, M., Saidi, A. I., & Murwonugroho, W. (2020). Karakteristik Buku Anak Yang Memorable Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.25105/jsrr.v2i2.8233

Youpika, F., & Hiasa, F. (2021). Analisis Karakter Tokoh Dalam Cerita Prosa Rakyat Etnik Bengkulu Untuk Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 117–129. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.15646

Yudha, W. A., Widayati, M., & Nurnaningsih, N. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Sarwono Film Hujan Bulan Juni dan Aplikasinya sebagai Alternatif Materi Ajar Sastra. Journal on Education, 6(1), 6675–6686. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3881

Yuliana, T., Mastuti, N. Z. K., & Setiawaty, R. (2024). Kajian Sastra Anak: Kontribusi Nilai Personal Dan Nilai Pendidikan Dalam Buku Cerita Naga Emas Danau Ranau Karya Yulfi Zawarnis. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 88–99. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.523




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13605

Article Metrics

Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats