ANALISIS TANTANGAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA TANGERANG
Abstract
Pada tingkat sekolah dasar, keterampilan membaca yang baik sangat penting, namun banyak siswa menghadapi kesulitan seperti lemah dalam kemampuan fonemik, kesulitan mengenali huruf dan kata, serta rendahnya motivasi dan minat terhadap membaca. Hal ini diperburuk oleh penurunan rasa percaya diri siswa, keterbatasan buku bacaan yang menarik, dan minimnya dukungan orang tua dalam kegiatan membaca di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan internal dan eksternal dalam pengembangan keterampilan membaca, mengkaji dampak dari tantangan tersebut, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh melalui wawancara dengan guru, siswa, dan orang tua. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan internal, seperti rendahnya motivasi membaca dan kesulitan mengenali kata, serta tantangan eksternal, seperti keterbatasan fasilitas bacaan dan kurangnya dukungan orang tua, memengaruhi perkembangan keterampilan membaca siswa. Dampaknya terlihat pada rendahnya pemahaman teks, lambatnya penyelesaian tugas, dan penurunan rasa percaya diri siswa. Oleh karena itu, diperlukan intervensi berupa penyediaan bahan bacaan yang sesuai dengan minat siswa serta peningkatan pendampingan dari guru dan orang tua. Simpulan penelitian ini antangan internal dan eksternal menghambat keterampilan membaca siswa, yang memerlukan intervensi dalam bahan bacaan dan pendampingan.
Kata Kunci: Tantangan, Keterampilan Membaca, Sekolah Dasar.
Full Text:
PDFReferences
Aram, D., & Levin, I. (2017). Supporting Reading Comprehension and Fluency in Primary School Students. Journal of Early Literacy, 25(4), 509-525.
Blachman, B. A. (2016). Phonological Awareness and Early Reading. Academic Press.
Bus, A. G., van IJzendoorn, M. H., & Pellegrini, A. D. (2018). Concepts in Literacy: The Role of Phonemic Awareness in Reading Acquisition. Journal of Educational Psychology, 110(4), 624-635.
Cunningham, A. E., & Stanovich, K. E. (2015). Early Reading Acquisition and its Relation to Reading Comprehension: A Longitudinal Investigation. Journal of Educational Psychology, 107(1), 38-48.
Farkas, G., & Beron, K. (2018). Family Background, School Quality, and Academic Achievement. Educational Psychology Review, 30(2), 423-450.
Hannon, P. (2017). The Role of Phonemic Awareness in Early Literacy Development. Journal of Early Childhood Literacy, 17(4), 502-520.
Hart, B., & Risley, T. R. (2015). The Early Catastrophe: The 30 Million Word Gap. American Educator, 39(3), 4-9.
Hartati, S. (2019). Peningkatan Minat Baca Siswa melalui Pemilihan Materi Bacaan yang sesuai dengan Minat Mereka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 30(1), 45-52.
Hsin, C. T., & Chern, C. (2017). Parental Involvement in Children’s Reading Activities: The Role of Home Literacy Environment in Early Reading Development. Reading Psychology, 38(3), 284-312.
Lonigan, C. J. (2019). Early Reading Development and the Prevention of Reading Difficulties. Learning Disabilities Research & Practice, 34(2), 112-118.
McMillan, J. H., & Reed, D. (2018). Parental Involvement and Literacy Development in Early Childhood Education: A Review of the Literature. Early Childhood Education Journal, 46(4), 387-394.
Paris, S. G., & Hamilton, E. E. (2015). The Development of Reading Comprehension: A Synthesis of Research. Educational Psychologist, 50(1), 2-20.
Pianta, R. C., Barnett, W. S., Burchinal, M., & Thornburg, K. R. (2016). The Effects of Preschool Education: What We Know, What We Don't Know, and What We Need to Know. Psychological Science in the Public Interest, 17(2), 91-122.
Pramudita, D. (2019). Keterbatasan Sumber Daya Bacaan dan Dampaknya Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 21(2), 98-104.
Pratama, H. (2019). Pengaruh Sumber Daya Bacaan terhadap Minat Baca Siswa di SD. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 21(1), 15-23.
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.
Rapp, D. N. (2017). Understanding and Facilitating Reading Comprehension: A Cognitive Approach. Psychology Press.
Saleh, S. S., & Rambe, A. H. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III dI SD Alwashliyah Ismailiyah. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 4(3), 82-92.
Santoso, D. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 29(1), 112-118.
Schiefele, U. (2017). Motivation and Learning. In M. J. Elias, M. A. Trautwein, & A. Seufert (Eds.), Handbook of motivation and learning. Springer.
Supriyadi, M. (2020). Pentingnya Buku Bacaan yang Relevan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Anak, 33(1), 43-50.
Taboada, A., & Guthrie, J. T. (2017). Engaged Readers in the Classroom: Strategies for Improving Motivation and Achievement. Literacy Research and Instruction, 56(1), 1-22.
Torgesen, J. K. (2015). Preventing Reading Difficulties in Young Children. National Academy Press.
Turner, J. E., & Paris, S. G. (2017). How Children’s Motivation to Read Is Related to Their Reading Achievement. Journal of Educational Psychology, 109(3), 451-463.
Wang, M. T. (2018). The Role of Motivation in Developing Reading Skills: A Review of Research. Educational Psychology Review, 30(1), 123-145.
Wasik, B. A., & Bond, M. A. (2017). Reading Interventions for Young Children: The Role of Parents and Teachers. Child Development Perspectives, 11(2), 92-97.
Wulandari, P. L. S., Suardana, I. P. O., & Sudirman, I. N. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas I Sd Gugus Ii Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan D asar Rare Pustaka, 2(1), 26-32.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.13618
Article Metrics
Abstract - 383 PDF - 1037Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.