PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS VIDEO ANIMASI ADOBE ANIMATE UNTUK KELAS VIII SMP IBNU MAS’UD GARUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran teks drama berbasis video animasi menggunakan Adobe Animate untuk siswa kelas VIII SMP Ibnu Mas’ud Garum. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE untuk merancang dan mengevaluasi media pembelajaran secara sistematis, valid, dan efisien. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kualitatif, melalui observasi, wawancara, dan tanggapan para ahli; serta data kuantitatif yang diperoleh melalui kuesioner kepada ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan siswa sebagai pengguna. Validasi media dilakukan oleh para ahli berdasarkan tampilan, kesesuaian isi dengan kurikulum, dan efektivitas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada teks drama. Uji coba media dilakukan terhadap 21 siswa kelas VIII SMP Ibnu Mas'ud Garum. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif (persentase kelayakan) dan deskriptif kualitatif (masukan dan perbaikan terhadap media). Hasil validasi menunjukkan media ini sangat layak digunakan, dengan skor dari ahli media sebesar 95,9%, ahli materi 79,86%, dan ahli pembelajaran Bahasa Indonesia 91,3%. Siswa juga memberikan respons positif sebesar 85,71%. Temuan ini membuktikan bahwa media berbasis Adobe Animate efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik teks drama, serta dapat menjadi referensi dalam peningkatan kualitas pembelajaran teks drama bagi siswa kelas VIII SMP Ibnu Mas’ud Garum.
Kata kunci: media pembelajaran, drama, video animasi, Adobe Animate
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigoo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586
Ananda, Dhila. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Adobe Animate Ilustrator dan Adobe After Effeect pada Materi Bioproses dalam Sel pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI pada 3 SMA Negeri di Duri Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Islam Riau.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Bakar, K. A., Ayub, A. F. M., Luan, W. S., & Tarmizi, R. A. (2010). Exploring
scondary school students’ motivation using tecnologies in teaching and learning matematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4650–4654. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.744
Batubara , H. H. (2021). Media pembelajaran digital. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Hadi, S., & Hermawan, A. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Taktis Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Simki Pedagogia, 7 (2), 436-447. https://jiped.org/index.php/JSP
Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2020). Penelitian & Pengembangan Sebuah Tinjauan dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Serang: Media Madani.
Kurniawati, R., Hermawan, A., & Sa’diyah, L. (2023). Pengembangan Media Kliping dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1), 1-13.
https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/Peneroka/article/view/1907
Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Pres.
Muhyi, M. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA
Putri, A. D. R., & Suwartanti. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Berbasis Adobe Animate pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti di SMK N 2 Depok Sleman. JEPTS: Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Sipil, 10(1), 13–25.
Sadiman, A. S., dkk. (2020). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Satra, O. A., Ahzan, S., & Fuaddunazmi, M. (2016). Developmen Of Learning Media Using Adobe After Effeect In Dynamic Electricity Subject Mater. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(1), 34. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i1.35
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Sutopo, H. (2020). Adobe Animate untuk Pembuatan Animasi Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Suyanto, M. (2019). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Syahroni, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2237
Syam, H., & Sinring, A. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematika. Journal of Chemmical Information and Modelling, 1689–1699.
Taleb, Z., Ahmadi, A., & Musavi, M. (2015). The Effeect of M-learning on Mathematic Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 83–89.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.092
Tandirerung, V. A., & Mangesa, R. T. (2021). Optimalisasi Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Untuk Stimulus Berpikir Hots. Jurnal MEDIA ELEKTRIK, 19(1), 9–12.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13708
Article Metrics
Abstract - 0 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.