PENGEMBANGAN KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL SENJA DI BALIK JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji analisis karakter tokoh dalam Novel Senja di Balik Jendela karya Asma Nadia dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik untuk menganalisis aspek psikologis, emosional, sosial, moral, dan budaya dalam novel serta penerapannya dalam pendidikan. Data utama berupa kutipan karakter teks novel Senja di Balik Jendela karya Asma Nadia, didukung artikel ilmiah dan teori terkait pengembangan karakter dan pembelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumenter dan analisis teks. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah analisis isi novel, yang bertujuan mengevaluasi aspek-aspek pembentukan karakter tokoh. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif da untuk menemukan unsur-unsur pembentukan karakter tokoh, lalu hasil analisis tersebut diorganisasikan, ditafsirkan, dan dijadikan dasar dalam merumuskan kesimpulan serta saran untuk implementasi pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek psikologis adalah dimensi paling dominan dalam pengembangan karakter tokoh dalam novel ini. Aspek tersebut memengaruhi dimensi lain, seperti emosional, sosial, moral, dan budaya, sehingga relevan untuk pendidikan di sekolah dasar. Pengalaman psikologis dalam novel dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa memahami emosi, mengelola perasaan, menghadapi masalah emosional, dan mengatasi stres.
Kata Kunci: Karakter, Tokoh, Novel, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. (2018). Perkembangan Karakter dalam Sastra Remaja: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra dan Budaya, 10(2), 145-160.
Batson, C. D. (2017). The Altruism Question: Toward a Social-Psychological Answer. Lawrence Erlbaum.
Collins, L. M. (2019). The Role of Literature in Moral Development and Education. Journal of Moral Education, 48(1), 52-68.
Dewi, L. D. (2020). Integrating Character Education in Primary School Through Literature. International Journal of Educational Research, 56(2), 245-256.
Eysenck, H. J. (2017). Personality and Individual Differences. Psychology Press.
Fatimah, L. (2019). Pengaruh Pengenalan Budaya Lokal dalam Teks Sastra terhadap Pembentukan Karakter Anak-Anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 78-91.
Folkman, S., & Moskowitz, J. T. (2016). Coping: Pitfalls and Promise. Annual Review of Psychology, 61, 567-591.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence: Why it Can Matter More Than IQ. Bantam Books.
Gupta, S. (2016). Cultural Influences on Character Development in Literary Texts. International Journal of Cultural Studies, 18(3), 234-247.
Harris, L. (2017). Character Education Through Literature: Building a Bridge Between Cognition and Emotion. Teaching and Learning Journal, 14(2), 25-34.
Hassen, R. (2019). The Role of Emotional Intelligence in Character Development: A Literature Review. International Journal of Emotional Development, 30(2), 144-158.
Hidayati, D., Nurjannah, S., & Sumardi, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(1), 45-59.
Hidayati, N., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Karakter melalui Sastra Remaja: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Pendidikan dan Sastra, 9(2),123-135.
Hoffman & W. L. Reese (Eds.), Moral Development in the Child (pp. 243-268). John Wiley & Sons.
Imawati, S. (2017). Pengaruh Narasi Psikologis dalam Sastra Remaja terhadap Perkembangan Emosi Remaja. Jurnal Penelitian Sastra, 8(1), 22-35.
Johnson, M., Williams, H., & O’Shea, S. (2018). Sociocultural perspectives on
literature and language teaching. Cambridge University Press.
Kemendikbud. (2017). Pedoman Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kohlberg, L. (2016). Moral Development and Moral Education: An overview. In M. L.
Lee, S., Park, J., & Lee, H. (2017). Social Dynamics and Relationships in Literary Characters: Implications for Education. Social Psychology and Literature, 39(4), 301-314.
Lestari, I. (2018). Konflik Internal dan Perjalanan Karakter dalam NOVEL
INDONESIA. Jurnal Pendidikan Sastra, 10(2), 123-135.
McTighe, J., & Wiggins, G. (2016). Understanding by Design. ASCD.
McVee, M., & Gibbons, S. (2019). The Role of Literature in Developing Empathy and Critical Thinking Skills. Journal of Literacy Research, 45(3), 263-276.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori dan Praktik Pengajaran Sastra di Sekolah. Gadjah Mada University Press.
Pradita, A. S. (2019). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 25-37.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press
Santrock, J. W. (2016). Life-Span Development (15th ed.). McGraw-Hill Education.
Setiawan, D. (2019). Pengembangan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(3), 123-137.
Smith, A. (2020). Exploring Moral Dilemmas in Literature: An Educational Perspective. Journal of Moral Education, 48(1), 72-85.
Sugiharto, T. (2017). Sastra sebagai Media Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 76-85.
Syamsul, M., Yuliana, R., & Ningsih, R. (2020). Pemanfaatan Sastra dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Tantangan dan Harapan.
Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 112-126.
Widyastuti, R. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Teks Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 101-112.
Wong, D., Johnson, M., & Cohen, S. (2018). Psychological Dynamics of Character Development in Literature: A Review of Recent Trends. Journal of Literature and Psychology, 52(3), 204-221.
Woodworth, W., & Landau, M. (2019). The Dynamics of Character Development in Fiction. Routledge.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13854
Article Metrics
Abstract - 164 PDF - 33Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.