IMPLEMENTASI MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMPN 7 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dalam pembelajaran teks berita di kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mengkaji kesesuaian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model RADEC pada kelas VII F SMP Negeri 7 Kota Jambi. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi selama proses pembelajaran, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen RPP dan foto kegiatan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data secara terstruktur, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran teks berita menggunakan model Model RADEC terlaksana sesuai dengan langkah-langkah menerapkan model RADEC, dan modul ajar yang telah dirancang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa model RADEC memberikan ruang bagi siswa untuk membangun pengetahuan secara mandiri, berdiskusi, berinteraksi, serta menciptakan karya tulis berupa teks berita sesuai kaidah yang berlaku dan juga mendukung kemampuan menulis siswa ketika proses penerapannya. Pembelajaran dilakukan dengan baik sesuai langkah-langkah pembelajaran model RADEC dan menghasilkan proyek berupa sebuah karya tulis teks berita dan ditulis sesuai dengan elemen penting dalam penulisan teks berita. Dari implementasi model Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dalam pembelajaran teks berita memberikan dampak positif yang signifikan. Dengan demikian, model RADEC layak diterapkan sebagai alternatif pembelajaran teks berita maupun materi lain.
Kata kunci: Model Pembelajaran, RADEC, Teks Berita
Full Text:
PDFReferences
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., dan Prihatini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal basicedu. 6(4), 5877–5889
Pohan, A. A., Abidin, Y., Sastromiharjo, A., & Indonesia, U. P. (2019). Model
Pembelajaran Radec. Seminar Nasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250–258.
Siringoringo, C. C. Rustam, R. dan Ningsih, A. G. Penerapan Model Discovery
Learning dalam Materi Mengulas Karya Fiksi Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota
Jambi. Lingua Rima. 13 (3) PP 299-309
Soekisno, R. B.A., Zulkarnaen, R., Ruli, R. M. (2021). Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp). Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1902–1915.
Rahmafitri, F., Deswita, E., dan Trisoni, R. (2024). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 45–55.
https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/1050
Wini, L. O., Kamaruddin, K., & Ukhti, A. (2024). Penggunaan model Think Pair Share dalam Pembelajaran Fabel di SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 8–14. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v6i1.31609
Yanti, R., & Suriani, A. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18583–18591.
Zarina, Z., Kamarudin, K., & Rustam, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Esai Siswa Kelas XI SMA. Dikbastra: Pendidikan Bahasa dan Sastra. 5(1),10–20.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13902
Article Metrics
Abstract - 199 PDF - 102Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.