MASALAH SOSIAL DALAM NOVEL EGOSENTRIS KARYA SYAHID MUHAMMAD SEBAGAI INVENSI PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS P5 DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji masalah sosial yang terdapat dalam novel Egosentris karya Syahid Muhammad dan memanfaatkan temuan tersebut sebagai invensi penyusunan bahan ajar berbasis Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis masalah sosial yang diangkat dalam novel. Sumber data dalam penelitian ini meliputi dokumen berupa novel Egosentris karya Syahid Muhammad dan informan berupa 2 guru bahasa Indonesia dan 10 peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Gemolong. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara terstruktur. Teknik uji validitas yang digunakan adalah teknik uji validitas triangulasi teori dan sumber. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh jenis masalah sosial yang dicerminkan oleh peristiwa yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam novel, yaitu kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, pelanggaran norma masyarakat, masalah lingkungan hidup, dan birokrasi. Temuan masalah sosial tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang bahan ajar sastra berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada tema Bangunlah Jiwa dan Raganya. Temuan ini menambah pengetahuan mengenai apresiasi sastra dan menanamkan nilai karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Kata kunci: Novel, masalah sosial, bahan ajar, P5
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, T., & Safitri, D. (2023). PERMASALAHAN SOSIAL DALAM FILM “PERTARUHAN” SUTRADARA SIDHARTA TATA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Dialektologi, 8(2), 152–167.
Amala, E., & Widayati, S. (2021). ANALISIS EKOLOGI KARYA SASTRA PADA NOVEL RINDU TERPISAH DI RAJA AMPAT KARYA KIRANA KEJORA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Griya Cendikia, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v6i2.95
Anggraini, R. D., Murni, M., & Suriadiman, N. (2022). Deiksis Persona Dalam Novel Muara Rasa Karya Devania Annesya dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tingkat SMP Kelas IX. GERAM, 10(2), 111–123. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10557
Ariesandi, D. (2017). Analisis unsur penokohan dan pesan moral dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sebagai upaya pemilihan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 2(1), 105–124. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/228883935.pdf
Bin Roslan, M. M. (2023). Hubungan Kesan Psikologi dan Masalah Sosial dengan Teori Hifz Al-Nafs dalam Fatwa Penamaan Nasab Anak Tak Sah Taraf: Analisis Fatwa Kebangsaan. Jurnal Pengajian Islam, 16(1), 86–100. https://doi.org/10.53840/jpi.v16i1.240
Holil, M. (2022). Hubungan Teori Hukum Dengan Praktik Penegakan Hukum Di Indonesia. ASASI: Journal of Islamic Family Law, 2(2), 214–221. https://doi.org/10.36420/asasi.v2i2.194
Iqbal, A., & Zulfianita, E. (2024). Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. International Conference on Humanity Education and Society (ICHES), 3(1).
Kosasih. (2022). Pengembangan Bahan Ajar (B. S. Fatmawati, Ed.). Bumi Aksara.
Kurniasari, L. A., Sholehhudin, M., & Setiyono, J. (2019). Analisis Sosiologi Sastra Novel Sunyi Nirmala Karya Ashadi Siregar dan Hubungannya dengan Pembelajaran Di SMA. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 1(1), 46–51. https://doi.org/10.26555/jg.v1i1.1061
Kurniawan, A. B., & Imron, I. (2024). Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 9(1), 69–78.
Lakoro, M., Malabar, S., & Kadir, H. (2021). PERUBAHAN INFERIORITAS DAN SUPERIORITAS INDIVIDUAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL EGOSENTRIS KARYA SYAHID MUHAMMAD. JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN BUDAYA, 11(3). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/index
Marliati, A. (2020). Kajian Simbol dalam Penokohan pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Semiotik Peirce Sebagai Alternatif Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 210–220. https://doi.org/10.23969/wistara.v1i2.2311
Muhammad, S. (2018). Egosentris. Gradien Mediatama.
Nasution, W. (2016). Kajian sosiologi sastra novel Dua Ibu karya Arswendo Atmowiloto: Suatu tinjauan sastra. Jurnal Metamorfosa, 4(1), 14–27.
Nur, M. F. (2024, Juli 22). Potensi Masalah Usai Kebijakan Pemerintah Hapus Penjurusan SMA. Tirto.id.
Pratiwi, S. A., Noorsyarifa, G. C., & Apsari, N. C. (2022). Upaya Penanggulangan Kemiskinan Ekonomi di Indonesia Melalui Perspektif Pekerja Sosial. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 5(1), 72. https://doi.org/10.24198/focus.v5i1.39965
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(2), 76–87.
Putri, F. A., & Zulfadhli, Z. (2024). Disorganisasi Keluarga dalam Novel Sunyi Paling Riuh Karya Fajar Sulaiman. Persona: Kajian Bahasa dan Sastra, 3(3), 455–463. https://doi.org/10.24036/jpers.v3i3.254
Rasdiany, A. N., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Perbandingan Pendidikan Masyarakat Sederhana dan Pendidikan Masyarakat Modern. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 7(1), 58–65. https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2467
Rostiani, R. N. (2024, November 13). HAPUS P5! Usulan Wali Murid Kepada Mendikdasmen Abdul Mu’ti, Menyusahkan Orang Tua. Klik Pendidikan.
Sarina, S. (2022). Kritik Sosial dalam Novel Kami (Bukan) Jongos Berdasi Karya J.S. Khairen. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 7(2), 442–447.
Sasmika, M., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2022). Masalah Sosial dalam Novel La Muli Karya Nunuk Y. Kusmiana. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1412
Sobari, M., Maspuroh, U., & Rosalina, S. (2022). Analisis Masalah Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sang Penandai Karya Tere Liye dan Pemanfaatannya Sebagai Materi Ajar di SMA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4093–4101. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2580
Soekanto. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar (Cet. 48). Rajawali.
Sonnya Camelia, Mawardi Mawardi, & Okta Suryani. (2023). Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Konsep dan Dampak Pemanasan Global Fase E SMA/MA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 530–537. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1091
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ulfa, A. Y., Syam, N. I., Sabir, R. I., & Azis, S. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pembuat Perahu Pinisi dalam Dimensi Profil Pelajar Pancasila. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 5115–5134.
Yulianti, S., Aslamiyah, S., & Rodiyah, K. (2020). Masalah-Masalah Sosial dalam Novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.14066
Article Metrics
Abstract - 6 PDF - 0Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.