PENDIDIKAN BAHASA KHUSUS DAN LITERASI SOSIAL SEBAGAI PILAR KEADILAN INKLUSIF MENUJU INDONESIA EMAS 2045
Abstract
Visi Indonesia emas 2045 menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia yang inklusif, adil, dan berkelanjutan. Dalam kerangka tersebut, pendidikan bahasa khusus memegang peran strategis sebagai salah satu pilar keadilan inklusif di sektor pendidikan. Artikel ini bertujuan mengkaji peran pendidikan bahasa khusus dalam membentuk sistem pendidikan nasional yang responsif terhadap keberagaman dan kebutuhan peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif berbasis kajian literatur dan analisis kebijakan, artikel ini membahas berbagai tantangan serta strategi implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Selain itu, artikel ini menyoroti urgensi penguatan literasi sosial sebagai bagian integral dari proses pembelajaran yang mengedepankan prinsip kesetaraan dan pemberdayaan peserta didik berkebutuhan khusus. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045 sangat bergantung pada sinergi antara kebijakan yang inklusif, kapasitas tenaga pendidik, ketersediaan sarana dan prasarana, penguatan literasi sosial, serta perubahan paradigma masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Oleh karena itu, pendidikan bahasa khusus perlu ditempatkan sebagai pilar utama dalam membentuk generasi emas yang adil, inklusif, dan berdaya saing global.
Kata kunci: bahasa khusus, literasi sosial, inklusif
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., Sudaryono, S., Musa, A. M., Luknanto, D., Alfian, M. A., Amirrachman, A., & Rahmawati, Y. (2020). Arah Kompetensi Generasi Indonesia Menuju 2045. Jakarta: Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).
Arifin, A. A., Jariah, N., Arfa, U., & Puspita, R. (2024). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga dan Sekolah Menuju Generasi Emas 2045. Penerbit Adab.
Dinihari, Y., Rafli, Z., & Boeriswati, E. (2024). Inovasi Bahan Ajar Literasi: Pendekatan Gamifikasi dan Pedagogi Modern. EDUPEDIA Publisher.
Dinihari, Y., Solihatun, S., Wiyanti, E., & Nazelliana, D. (2025). Penguatan Literasi Digital Guru untuk Pencegahan Perundungan di Pondok Pesantren. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 8(1).
Fakhrul, M. N., Abdurahim, M., Afriansyah, A., & Ubaidah, U. (2023). Kebijakan Pendidikan Nasional Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(1), 26-34.
Faradhiva, B. P., Sangra, G., Saputri, R. Y., & Lestari, E. P. (2025). Memahami Esensi Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Setara dan Berkeadilan untuk Semua Peserta Didik. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3, 786–789.
Fatmawati, F., Haryati, G., Rustan, N. A., & Istiqomah, A. (2024). Profil Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah Maumere. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(1).
Fauzi, A., Solihat, I., Fauziah, M. T., & Muldawati, M. (2023). Pembiasaan Literasi Digital sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital pada Mahasiswa Peserta PLP FKIP UNTIRTA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 67–78.
Ferdianto, M. (2024). Problematika pendidikan di Indonesia dalam Gelora Membangun Generasi Emas 2045. Journal of Social Science and Education Research, 1(1), 9–14.
Gee, J. P. (2008). Social linguistics and literacies: Ideology in discourses (3rd ed.). Routledge.
Hehir, T., Grindal, T., Freeman, B., Lamoreau, R., Borquaye, Y., & Burke, S. (2016). A Summary of the Evidence on Inclusive Education. Abt Associates.
Hehir, T., Schifter, L. A., Grindal, T., Ng, M., & Eidelman, H. (2016). A summary of the evidence on inclusive education. Alana Institute. Retrieved from https://alana.org.br/wpcontent/uploads/2016/12A_Summary_of_the_evidence_on_inclusive_education.pdf
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. (2022). Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2025–2045.
Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Nurfadhillah, S. (2023). Pendidikan Inklusi (Anak Berkebutuhan Khusus). CV Jejak (Jejak Publisher).
OECD. (2018). The Future of Education and Skills: Education 2030 – The Future we Want. OECD Publishing. Retrieved from https://www.oecd.org/education/2030/
Sapitri, A. (2025). Manajemen Supervisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12-18.
Sidik, F., Rofi'i, A., & Diana, D. (2025). Implementasi Kurikulum Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Sebuah Tinjuan Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 133-143.
Solihatun, S., Dinihari, Y., Wiyanti, E., Nazelliana, D., & Musringudin, M. (2025). Profil Literasi Siswa dalam Upaya Mereduksi Perundungan di Pondok Pesantren Aliyah Al-Fadlliyah. Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1).
Umiati, U., & Sufi, I. S. (2024). Implementasi Pendidikan Berbasis Multikultural: Membentuk Karakter Siswa Menuju Indonesia Emas 2045. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(1), 53-67.
UNESCO. (2020). Global education monitoring report 2020: Inclusion and Education – All Means All. UNESCO Publishing. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000373718
Wahyudi, F., & Latif, A. (2023). Pendidikan Inklusif di Indonesia Perspektif Maqashid Syariah. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(2), 86-103.
Waitoller, F. R., & Artiles, A. J. (2013). A decade of professional development research for inclusive education: A critical review and notes for a research program. Review of Educational Research, 83(3), 319–356. https://doi.org/10.3102/0034654313483905
Zain, M. Y., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2023). Analisis kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Teori dan Apresiasi Sastra bagi Mahasiswa PGSD Berlandaskan Literasi Budaya. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 67–81.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.14185
Article Metrics
Abstract - 262 PDF - 241Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.