Peningkatan Perhatian, Aktivitas, dan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Media Audio Visual
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan perhatian, aktivitas, dan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII MTs Malnu Puteri Pandeglang dalam pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Malnu Puteri Pandeglang yang terdiri atas 20 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan perolehan rata-rata persentase perhatian siswa yang pada prasiklus hanya mencapai 47,5%, meningkat pada siklus I menjadi 61,25%, pada siklus II menjadi 79,25%, dan pada siklus III menjadi 88,9%. Perolehan rata-rata persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yang pada prasiklus hanya 43,75%, meningkat pada siklus I menjadi 61%, pada siklus II menjadi 71,58%, dan pada siklus III menjadi 89,66%. Rata-rata skor keterampilan menulis cerpen siswa juga mengalami peningkatan yang pada prasiklus hanya mendapatkan 59,85, meningkat pada siklus I menjadi 69,1, pada siklus II menjadi 75,9, dan pada siklus III menjadi 84,35. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan perhatian, aktivitas dan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VII MTs. Malnu Puteri Pandeglang melalui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan media audio visual.
Kata Kunci: cerpen; berbasis masalah; audio-visual.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1783
Article Metrics
Abstract - 854 PDF - 732Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.